Tantangan Pada Era Globalisasi

 Tantangan Pada Era Globalisasi

Globalisasi member peluang bangsa-bangsa untuk maju, peluang untuk menghasilkan nilai tambah baru yang lebih besar, memperluas pasar penjualan, memacu kapasitas produksi dan efisiensi, meningkatkan pemanfaatan sumberdaya perikanan yang belum digunakan, mengurangi tingkat pengangguran tenaga kerja, meningkatkan pendapatan dan devisa, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pemanfaatan potensi perikanan laut makin dipungaruhi oleh persaingan pasar global yang makin terbuka.Globalisasi mengakibatkan tuntutan standar mutu yang tinggi yang diminta oleh Negara-negara importir terhadap hasil perikanan Indonesia.Sebagai negara pengekspor ikan laut, Indonesia berupaya memenuhi permintaan pasar glonbal.Globalisasi dapat dapat mempercepat terjadinya penangkapan ikan melalui batas potensi lestari, sehingga dapat memberi pengaruh negative pada pembangunan yang berkelanjutan di sector perikanan tangkap di laut.

BAB III.

PENUTUP

3.1       Kesimpulan

Pengelolaan sumberdaya perikanan tangkap di laut indonesia membutuhkan sumberdaya manusia yang berkualitas dan produktif. Sumberdaya perikanan laut di Indonesia belum dimanfaatkan secara optimal.Di beberapa WPP pemanfaatan sumberdaya perikanan over fishing dan di WWP lainnya under fishing. Meningkatnya jumlah penduduk, pertumbuhan ekonomi, meningkatnya PDB perkapita dan perdagangan interasional,  mengakibatkan wilayah yang overfising cenderung meningkat. Untuk mencegah jumlah penangkapan ikan berlebihan dan jumlah nelayan yang berlebihan, secara langsung dapat melalui pengendalian upaya penangkapan, misalnya pengendalian melalui peraturan dan perizinan.

Perkembangan Perikanan Budidaya Ikan Konsumsi di Indonesia, berkembang dengan baik dan selalu meningkat tiap tahunnya, hal ini dapat di jadikan titik awal untuk kemajuan perikanan Indonesia kedepannya. Kebutuhan ikan dalam negeri tercukupi, dan kondisi ekspor ikan unggul pun meningka

ARTIKEL TERBARU