Membandingkan sifat asam – basa Al2O3 dan MgO

Membandingkan sifat asam – basa Al2O3 dan MgO

            Percobaan ini dilakukan dengan membandingkan sifat asam basa Al2O3 dan MgO. Al2O3 ditambahkan dengan H2O dihasilkan larutan bening terdapat endapan putih dengan pH = 4. Hal ini sesuai dengan teori dimana Al2O3jika ditambahkan H2O berlebih menghasilkan larutan asam karena Al2O3 terbuat dari basa kuat dan asam kuat sehingga yang lebih mendominasi adalah asam kuatnya oleh karena itu berada pada pH asam. Reaksi yang terjadi :

                        Al2O3 + 3H2O  →  2Al(OH)3

                        Al(OH)3↓ +  6H2O [Al(H2O)6]3+  + 3OH

                        [Al(H2O)6]3+   +  H2O [Al(H2O)5(OH)]2+  +  H3O+

                        [Al(H2O)5(OH)]2+  +  H2O  [Al(H2O)4(OH)2]2+ + H3O+

            Kristal MgO ditambahkan H2O larutan yang diperoleh keruh dan terdapat endapan putih dengan pH = 9. Hal ini sesuai dengan teori bahwa MgO yang ditambahkan dengan air berlebih akan menghasilkan larutan basa. Reaksi yang terjadi :

MgO + H2O  →  Mg(OH)2

            Al2O3ditambahkan dengan HCl menghasilkan larutan bening dan terdapat endapan putih dengan pH = 1. Hal ini sesuai dengan teori bahwa Al2O3dapat larut dalam medium asam yang menandakan sisi asam dari sifat amfoternya (dapat larut dalam medium asam maupun basa). Reaksi yang terjadi :

Al2O3  +  6HCl  →  2AlCl3 + 3H2O

Kristal MgO yang direaksikan dengan HCl menghasilkan larutan keruh dengan pH = 10. Hal ini sesuai dengan teori MgO direaksikan dengan H2O menghasilkan larutan MgCl2. Adapun reaksi yang terjadi yaitu :

MgO + HCl  →  MgCl2 + H2O

Kemudian ditambahkan NaOH pada kristal Al2O3menghasilkan larutan bening dan terdapat endapan putih pH = 14. Hal ini sesuai dengan teori bahwa Al2O3 dapat larut dalam medium basa yang menunjukkan basa dari sifat amfoternya. Reaksi yang terjadi :

Al2O3 + 2NaOH  →  2 NaAlO2 + H2O

            Penambahan NaOH ke dalam kristal MgO larutan keruh dan endapan putih dengan pH=12. Hal ini sesuai dengan teori yang menyatakan bahwa MgO tidak dapat bereaksi dengan NaOH walaupun dalam reagensia berlebihan.

                        MgO + NaOH

  1. Membandingkan sifat basa ion aluminium dan magnesium

Larutan MgCl2 ditambahkan NaOH diperoleh larutan tak berwarna dan tidak ada endapan pH = 6. Sedangkan larutan AlCl3 ditambahkan dengan NaOH menghasilkan larutan tidak berwarna terdapat endapan putih dengan pH = 3. Hal ini sesuai dengan teori yang menyatakan bahwa apabila larutan garam aluminium ditambahkan basa akan diperoleh endapan putih. Reaksi yang terjadi.

            AlCl3  + 3NaOH  →  Al(OH)3↓ + 3NaCl

            MgCl2  +  2NaOH  →  Mg(OH)2↓ +  2NaCl

 

Sumber :

https://icanhasmotivation.com/xiaomi-mi-a1-dapat-fast-charging-di-android-oreo-beta/