Kata Pengantar

Kata Pengantar

            Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, atas berkat limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas karya tulis kami yang berjudul : “Efek Rumah Kaca terhadap Lingkungan “ dengan baik dan lancar.

            Terselisaikannya karya tulis ini, tidak terlepas dari bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada:

  1. Bapak Drs. Aan Hermansyah, selaku kepala SMA Negeri 1 Kalidawir yang telah memberikan izin kepada kami untuk membuat karya tulis ini.
  2. Bapak Herianto, S.Pd, selaku guru Bahasa Indonesia  yang telah membimbing kami, sehingga kami dapat menyelesaikan karya tulis ini dengan baik.
  3. Teman-teman yang telah membantu kami dalam menyelesaikan karya tulis ini dengan baik.

            Upaya kami ini bagai setetes air ditengah samudra dunia pendidikan nasional. Namun, kami selalu mengharap apa yang kami perbuat dapat turut serta menyukseskan tujuan pendidikan nasional demi kemajuan bangsa.

            Kami menyadari bahwa karya tulis ini masih banyak terdapat kesalahan dan kekurangan, oleh karena itu, kritik dan saran kami  harapkan demi kesempurnaan karya tulis ini.

            Akhir kata semoga hasil karya tulis ini dapat bermanfaat bagi pembaca umumnya dan bagi penyusun khususnya.

jatitujuh,     juni 2015

Abstrak

            Efek Rumah kaca dapat divisualisasikan sebagai sebuah proses. Pada kenyataanya, di lapisan atmosfer terdapat selimut gas. Rumah kaca adalah analogi atas bumi yang dikelilingi gelas kaca. Panas matahari masuk ke bumi dengan menembus gelas kaca tersebut berupa radiasi gelombang pendek. Sebagian diserap oleh bumi dan sisanya dipantulkan kembali ke angkasa sebagai radiasi gelombang panjang. Namun, panas yang seharusnya dapat dipantulkan kembali ke angkasa menyentuh permukaan gelas kaca dan terperangkap di dalam bumi. Layaknya proses dalam rumah kaca di pertanian dan perkebunan, gelas kaca memang berfungsi menahan panas untuk menghangatkan rumah kaca.

            Masalah timbul ketika aktivitas manusia menyebabkan peningkatan konsentrasi selimut gas di atmosfer (Gas Rumah Kaca) sehingga melebihi konsentrasi yang seharusnya. Maka, panas matahari yang tidak dapat dipantulkan ke angkasa akan meningkat pula. Pemanasan global dan perubahan iklim merupakan dampak dari efek rumah kaca.

            Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apa pengertian dari efek rumah kaca? Bagaimana proses terjadinya efek rumah kaca? Apa yang menjadi penyebab terjadinya efek rumah kaca? dan apa akibat dari efek rumah kaca terhadap lingkungan?

            Sedangkan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh manakah efek rumah kaca ini telah terjadi, dan penyebab terjadinya efek rumah kaca terhadap lingkungan.

             Dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa efek rumah kaca menyebabkan kenaikan suhu bumi, sehingga mempengaruhi iklim secara global. Namun, efek rumah kaca juga berdampak positif, seperti tetap berlangsungnya kegiatan pertanian pada musim dingin oleh orang-orang Eropa.

            Sebagai saran, Penggunaan emisi gas karbon dioksida, mobil-mobil yang boros bahan bakar sebaiknya lebih diefisienkan, mengganti bahan bakar minyak dengan tenaga tata surya yang ramah lingkungan dan penghijauan kembali hutan-hutan yang sudah ditebang untuk mengurangi kadar karbondioksida.

Sumber :

https://nomorcallcenter.id/