Cabang Ilmu Geografi dan Penjelasanya

Cabang Ilmu Geografi dan Penjelasanya

Meteorologi dan klimatologi, yang merupakan studi tentang fenomena meteorologi di atmosfer (baca: lapisan atmosfer) dan iklim (baca: iklim di Indonesia).
Hidrologi, adalah studi tentang pergerakan dan juga distribusi air di Bumi (baca: jenis air di Bumi).
Hidrografi, cabang geografi yang berkaitan dengan penelitian dan pemetaan air yang ada di permukaan bumi.
Oseanografi adalah cabang ilmu pengetahuan dan juga studi tentang angkatan laut dan semua aspek yang dikandungnya, seperti batu yang membentuk dasar laut, interaksi antara laut dan atmosfer, pergerakan air laut dan energi yang menyebabkan gerakan baik di dalam maupun di luar.
Geologi adalah cabang ilmu pengetahuan yang menjelaskan bagaimana Bumi terbentuk dan bagaimana Bumi berubah seiring waktu.
Geomorfologi adalah cabang ilmu yang mempelajari morfologi dan sejarahnya.
Ilmu tanah adalah cabang ilmu yang mempelajari perincian suatu tanah, jenis tanah dan bahkan sifat-sifat yang dimiliki oleh bumi.
Geografi tanah adalah studi tentang tanah, yang meliputi sifat tanah, asal-usulnya, distribusi dan bahkan penerapannya dalam kehidupan manusia. melihat geografi bumi adalah mukjizat dengan ilmu tanah, tetapi keduanya berbeda di mana geografi bumi lebih detail daripada ilmu tanah yang secara khusus mempelajari tanah itu sendiri.
Biologi, yang merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup, baik manusia, hewan maupun tumbuhan.
Biogeografi adalah studi tentang penyebaran organisme di ruang dan waktu bersama-sama dengan faktor-faktor yang mempengaruhi, membatasi dan menentukan model distribusi jarak.
Itulah beberapa cabang ilmu yang merupakan perincian geografi fisik. Semua cabang ini berguna untuk kehidupan sehari-hari.

Rekayasa geografi

Berikutnya adalah geografi teknik. Rekayasa geografi adalah cabang geografi yang mempelajari cara-cara untuk memvisualisasikan dan bahkan menganalisis data dan informasi geografis dalam bentuk peta, foto udara, diagram dan gambar dari gambar yang jauh. Beberapa cabang geografi teknik adalah sebagai berikut:

Kartografi, cabang geografi teknik yang menjelaskan teknik atau cara membuat peta yang mempertahankan hasil pengukuran dan juga pengumpulan data dari berbagai elemen permukaan bumi yang telah dilakukan oleh surveyor, geografi, kartografer, dan sebagainya.
Penginderaan jauh adalah ilmu dan juga seni untuk memperoleh informasi tentang objek, wilayah dan gejala dengan menganalisis data yang diperoleh dengan menggunakan instrumen tanpa kontak langsung dengan objek, area atau fenomena yang sedang dipelajari.
Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah sistem informasi berbasis komputer yang mampu menyimpan, mengelola, memproses, dan menganalisis data geografis dan non-geografis, serta menyediakan informasi dan grafik terintegrasi.
Nah, ini adalah semacam cabang ilmu yang merupakan cabang teknik geografi. Cabang geografi teknik ini akan selalu dikembangkan bersama dengan kemajuan teknologi yang digunakan manusia untuk mencapai hasil yang maksimal.

Geografi manusia
Cabang ketiga geografi adalah geografi manusia. geografi manusia adalah cabang geografi yang mempelajari manusia, dalam ruang, termasuk jumlah penduduk, aktivitas ekonomi, distribusi populasi, dinamika populasi, politik dan bahkan sosial budaya. Seperti geografi fisik dan geografi teknis, geografi manusia juga dibagi menjadi berbagai cabang ilmu pengetahuan, termasuk:

Geografi ekonomi, adalah ilmu yang berkaitan dengan bagaimana manusia mengeksploitasi sumber daya alam, menghasilkan barang, model lokalisasi dan distribusi industri, bersama dengan rincian komunikasi.
Ekonomi, adalah cabang ilmu yang mempelajari upaya manusia untuk mencapai kemakmuran, gejalanya, dan juga keterkaitan upaya-upaya ini.
Geografi politik adalah studi tentang unit politik, wilayah, perbatasan, bersama dengan ibukotanya dengan unsur-unsur kekuatan nasional dan politik internasional.
Politik adalah cabang ilmu yang membahas kegiatan komersial


Sumber: https://butikjersey.co.id/aplikasi-myquran-hadirkan-fitur-baru/