20 Fakta yang Belum Kamu Ketahui tentang Cairan dalam Tubuh Kita

20 Fakta yang Belum Kamu Ketahui tentang Cairan dalam Tubuh Kita20 Fakta yang Belum Kamu Ketahui tentang Cairan dalam Tubuh Kita

Air merupakan komponen penting yang kita butuhkan untuk dapat bertahan hidup. Air dapat dikatakan sebagai simbol kehidupan, NASA bahkan menggunakan air sebagai indikator apakah sebuah planet diduga memiliki kehidupan atau tidak.

Air memiliki banyak fungsi bagi tubuh kita di antaranya: ia membawa nutrisi penting ke dalam sel, membantu proses pembuangan produk limbah dari tubuh, membantu memecah dan mengangkut nutrisi dalam makanan yang kita makan, mengatur suhu tubuh kita, dan melumasi persendian kita.

Ada banyak lagi fungsi dari substansi H2O ini bagi tubuh kita, fungsi yang kita butuhkan untuk bertahan hidup bahkan pada tingkat sel. Penting bagi kita untuk cukup mengkonsumsi air agar ‘mesin’ tubuh kita tetap berjalan dengan baik.

Berikut ini adalah 20 fakta yang mungkin belum kamu ketahui tentang air dalam tubuh kita:

1. Alasan utama kenapa kita kelelahan sepanjang hari

Tidak memiliki cukup cairan dalam tubuh merupakan penyebab utama kelelahan saat kita beraktivitas sehari-hari.

Lelah karena Kurang Cairan
Kekurangan cairan ialah faktor utama penyebab kelelahan
Credit : pixabay(dot)com

2. Tubuh pria mengandung air lebih banyak daripada tubuh wanita

Secara rata-rata seorang pria mengandung air lebih banyak dari wanita, namun wanita dapat lebih banyak mengandung cairan saat ia hamil. Hal ini dikarenakan adanya air ketuban pada wanita hamil.

3. Kurang cairan sering kita salah interpretasikan sebagai rasa lapar

Sebuah penelitian menemukan bahwa hampir semua orang yang menjadi sampel penelitian yang merasa lapar pada tengah malam hari segera menghilang rasa laparnya setelah meminum segelas air. Hal ini dikarenkan kita sering menyalah artikan rasa haus kita dengan rasa lapar, sehingga sering berakibat pada tingginya asupan kalori padahal yang mungkin sebenarnya kita butuhkan hanyalah segelas air untuk rehidrasi.

4. Kita bisa kehilangan cairan karena bernafas

Air dapat keluar dari tubuh kita saat bernafas lewat uap air yang kita hembuskan. Sebagai gambaran, kita kehilangan sebanyak lebih dari satu gelas air setiap harinya hanya dari bernafas.

5. Kita butuh minum lebih banyak saat akan naik pesawat

Pernahkah kamu merasa haus saat setelah naik pesawat? Yup, kondisi udara di dalam pesawat selama penerbangan dapat mempengaruhi kandungan cairan dalam tubuh kita. Sebuah observasi yang dilakukan pada seseorang yang melakukan perjalanan dari Miami ke New York di Amerika menunjukkan bahwa ia kehilangan sebanyak kurang lebih 6 gelas cairan selama 3 jam perjalanan.

Kebutuhan Cairan Meningkat Saat Naik Pesawat
Orang yang naik pesawat membutuhkan relatif lebih banyak cairan
Credit : pxhere(dot)com

6. Air dapat berperan layaknya antioksidan

Air berperan dalam membuang toksin keluar dari tubuh kita. Dengan mengurangi jumlah toksin ini dari tubuh kita, maka berbagai penyakit termasuklah penyakit kanker dapat dikurangi risikonya.

7. Penting dalam kebersihan mulut

Air juga memainkan peran penting dalam menjaga kebersihan mulut kita. Selain penting dalam proses pencernaan, air liur juga berperan dalam menjaga kebersihan mulut kita. Dengan konsumsi air yang cukup maka produksi air liur kita juga baik, sehingga air liur dapat menjalankan salah satu fungsi pentingnya dalam mencegah pembentukan karang dan lubang pada gigi.

8. Dehidrasi ringan dapat mengganggu kemampuan berkonsentrasi

Kehilangan cairan sebanyak 2% saja dapat segera mempengaruhi kerja otak kita. Berkurangnya kemampuan mengingat jangka pendek, kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika, serta berkurangnya fokus atau konsentrasi adalah beberapa dampak yang muncul karena kurangnya cairan tubuh bahkan dalam jumlah yang sedikit sekalipun.

9. Air berperan sebagai pelindung dari benturan

Air dapat menyerap efek dari benturan pada banyak organ penting dalam tubuh kita misalnya organ mata, sumsum tulang belakang, bahkan air ketuban dalam kandungan berperan penting dalam melindungi janin dari benturan yag terjadi selama kehamilan.

10. Konsumsi air yang berlebihan juga bisa membahayakan

Meskipun direkomendasikan untuk mengkonsumsi air yang cukup, minum yang berlebihan dapat berakibat pada kondisi yang disebut intoksikasi air yaitu berupa hiponatremia. Konsumsi air yang banyak dalam waktu yang singkat dapat menurunkan kadar natrium dalam tubuh. Sakit kepala, kram, pandangan kabur, koma, bahkan kematian dilaporkan pernah terjadi karena intoksikasi air ini.

11. Air ialah komponen utama dalam darah

Air penting bagi tubuh kita karena perannya dalam bentuk plasma darah berperan dalam sistem transport dalam tubuh. Selain itu plasma darah juga berperan dalam meregulasi kadar pH, mentransfer antibodi ke seluruh tubuh, serta menjaga suhu tubuh.

Air Komponen Utama Plasma Darah
Air merupakan komponen utama dalam darah
Credit : commons(dot)wikimedia(dot)org

12. Air juga terkandung dalam tulang dan otot kita

Tulang-tulang kita meskipun keras dan kokoh, sebenarnya memiliki pori yang halus serta mengandung sekitar 22% cairan. Sedangkan otot kita mengandung lebih banyak cairan yaitu kurang lebih sekitar 75%.

13. Hidrasi yang cukup dapat mencegah artritis

Dengan konsumsi cairan yang cukup, nyeri karena artritis (nyeri sendi) dapat dicegah atau dikurangi. Karena air berperan untuk melubrikasi sendi kita, maka konsumsi air yang adekuat akan mengurangi gesekan yang terjadi pada sendi.

14. Ibu menyusui membutuhkan air 3 gelas lebih banyak tiap harinya

Ini sangat masuk akal karena ibu akan mentransfer cairan dari tubuhnya dalam bentuk ASI kepada bayi yang ia susui.

 

ARTIKEL TERBARU