Sejarah kerajaan singasari lengkap

Sejarah pendirian Kerajaan Singasari

Ada beberapa bahan sejarah yang menjelaskan pembentukan Kerajaan Singaparit. Berikut adalah sumber sejarah dasar kerajaan Singasari.

Kitab Paraton

Buku Paraton berisi cerita dan mitos. Menurut Kitab Pararaton, Ken Arok adalah anak perempuan petani dari Desa Pangkur (sebelah timur Gunung Kawi). Sejarawan percaya bahwa Pastor Ken Arok adalah pejabat senior, mengingat wawasan tentang pemikiran, ambisi, dan strategi.

Barang-barang jarang dimiliki oleh petani biasa. Awalnya, Ken Arok adalah pelayan Tumwu Akuwu (Kepala Daerah) bernama Tunggul Ametung. Setelah bertugas di Tumapel, Ken Arok ingin menduduki posisi Akuwu menikah dengan Ken Dedes (istri Akuwu Tunggul Ametung).

Ken Arok dapat membunuh Tunggul Ametung menggunakan keris Mpu Gandring dengan trik yang tepat. Setelah itu, Ken Arok menunjuk dirinya sebagai Akuwu dari Tumapel dan menikahi Ken Dedes yang saat ini sedang hamil. Agar dapat diterima oleh orang-orang sebagai pemimpin, Ken Arok mengumumkan bahwa dia adalah penjelmaan dari Brahma, Wisnu, dan Siwa.

Tumapel adalah wilayah kerajaan kediri yang diperintah oleh Raja Kertajaya atau Dandang Gendis. Ken Arok ingin membuat pemberontakan, tetapi sedang menunggu saat yang tepat. Pada 1222 beberapa pendeta dari Kediri mulai mencari perlindungan dari Ken Arok karena tindakan sewenang-wenang Raja Kertajaya. Ken Arok dengan senang hati mulai mengembangkan strategi propaganda bagi orang-orang untuk memberontak kerajaan Kediri.

Setelah semuanya siap, banyak prajurit Tumapel menuju Kediri. Terjadi pertengkaran besar di distrik Gunter. Semua prajurit Kediri dan Raja bisa dihancurkan. Ken Arok disambut oleh orang-orang Kediri dan Tumapel dalam turbulensi. Selain itu Ken Arok memahkotai raja. Semua wilayah Kediri dan Tumapel dimasukkan ke dalam Kerajaan Singasari.

Pelajari tentang Kerajaan Islam Sumatra setelah selesai belajar kerajaan dengan Jawa

2. Buku Negrakartagama

Ini adalah buku yang diwarisi dari Kerajaan Majapahit oleh Mpu Prapanca. Raja singasari dan teman raja Majapahit dimasukkan. Ada juga penjelasan lengkap tentang raja yang pernah memerintah Singasari kepada Raja Hayam Wuruk.
Bangunan kuil

Keberadaan Kerajaan Singaparit dapat dibuktikan melalui kuil-kuil di sekitar Singisari, Malan, Surabaya. Ada Candi Singasari, Candi Kidal, Candi Jago dan Patung Joko Dolok di candi.


Baca Juga :