Respirasi tanaman

Respirasi tanaman

adalah proses di mana tanaman menyerap molekul air yang terkandung di udara untuk menghasilkan air, karbon dioksida, dan energi, dan tanaman perlu tumbuh dan tumbuh. Respirasi tanaman diketahui terjadi di pagi dan sore hari serta fotosintesis dan juga di malam hari ketika tanaman tidak berfotosintesis. Dapat dikatakan bahwa 100% dari proses pernapasan terjadi bahkan ketika tanaman berfotosintesis.

Proses pernapasan tanaman melibatkan penggunaan gula dan oksigen yang dihasilkan selama fotosintesis untuk menghasilkan energi bagi pertumbuhan tanaman. Dalam banyak hal, pernapasan adalah kebalikan dari fotosintesis. Di lingkungan alami, tanaman menghasilkan makanan mereka sendiri untuk bertahan hidup.

Dalam proses fotosintesis, tanaman menghasilkan gula dan oksigen (O 2) menggunakan karbon dioksida (CO 2) dari lingkungan. Ini dapat digunakan nanti sebagai sumber energi. Perbedaan lain antara fotosintesis dan respirasi adalah bahwa fotosintesis hanya terjadi pada daun dan batang, dan respirasi terjadi pada daun, batang dan akar tanaman. Proses respirasi dinyatakan sebagai berikut.

Formula kimia respirasi tanaman:

C 6 H 12 O 6 + 6 O 2 → 6 CO 2 + 6 H 2 O + 38 ATP (energi)

Proses dan tahap pernapasan tanaman

Bahkan ketika respirasi tanaman memiliki proses yang berurutan dan konsisten, setiap proses harus memiliki prosedur. Namun, pada beberapa tanaman, setiap spesies tanaman sebenarnya memiliki proses pernapasan yang berbeda, sehingga mungkin memiliki proses urutan yang berbeda.
1. Penyerapan O 2 dari alam

Tahap ini adalah proses di mana ada penangkapan atau penyerapan gas oksigen dari alam. Meskipun mereka hanya membutuhkan CO 2 saat melakukan fotosintesis, tanaman sebenarnya memiliki kemampuan ini.
2. Mobilisasi gas dan penyerapan oksigen

Dalam proses ini terjadi pergerakan gas pada instalasi. Pada tanaman, proses ini disebut difusi. Dalam proses ini pabrik dapat diminta untuk mulai melakukan pertukaran gas lama dengan gas baru di tubuhnya. Dalam proses ini, tanaman juga memasukkan O2 ke dalam sel mereka.
4. Pertukaran CO2

Sekali lagi difusi terjadi ketika ada proses pelepasan O 2, sedangkan CO 2 yang dihasilkan akan diserap oleh tubuh tanaman itu sendiri. Berbagai sel tanaman menikmati proses ini sebagai penunjang kehidupan mereka.
Tahap bernafas

Ada beberapa tahap pernapasan yang perlu Anda ketahui, seperti glikolisis. Ini adalah tahap di mana glukosa yang diproduksi dalam tanaman dikonversi menjadi dua molekul piruvat.
Jenis respirasi tanaman

Ada dua jenis pernapasan pada tanaman yang diketahui dari penelitian biologis hingga sekarang hingga saat ini. Dari keduanya, dapat dengan jelas membedakan bahwa beberapa tanaman masih membutuhkan O 2, meskipun mereka mengatakan mereka bernafas dalam CO 2.
Pernafasan tanaman 1. Pernafasan aerobik

Jenis respirasi aerobik adalah sistem yang tanaman gunakan oksigen di udara untuk mendapatkan energi untuk diri mereka sendiri. Penguraian karbohidrat nabati sangat bergantung pada oksigen. Respirasi ini terjadi dalam masa hidupnya dan sintesisnya adalah karbon dioksida (CO 2) dan air (H 2 O).
Respirasi anaerob

Jenis respirasi anaerob adalah sistem di mana tanaman tidak perlu menggunakan O2 untuk melakukan reaksi pembelahan rantai karbohidrat. Pernafasan ini hanya terjadi sementara pada tanaman, hasilnya adalah sintesis alkohol dan karbon dioksida. Jenis respirasi ini menghasilkan ATP (energi) yang lebih sedikit daripada respirasi aerobik.
Faktor-faktor yang mempengaruhi respirasi tanaman
Sebuah. Faktor internal:

Faktor plasma

Tersedia konsentrasi substrat pernapasan

b. Faktor eksternal:

suhu
cahaya
Konsentrasi oksigen di udara
Konsentrasi karbon dioksida
Ketersediaan air
Kelemahan organ tanaman
Senyawa
Perawatan mekanis

Zat yang menghambat proses pernapasan

Selain beberapa persyaratan yang dibutuhkan untuk membuat tanaman bernafas, ada juga beberapa zat yang dapat mengganggu proses pernapasan tanaman. Ini adalah semacam zat yang menghambat proses pernapasan tanaman.

Iodoacetate (C 2 H 3 O 2)
Fluor
Sianida
Kloroform, aseton, dan eter

Memang, memahami proses pernapasan tanaman membutuhkan alasan yang tinggi. Tidak ada cara yang baik untuk menilai seberapa dihormati itu kecuali selain mempelajari botani secara mendalam. Apa pun proses pernapasan tanaman selalu mendukung kehidupan mereka. Tanda henti nafas adalah bahwa tanaman mati setelah mati.


Sumber: https://hopalleybrew.com/rival-stars-basketball-apk/