Hubungan Perencanaan dengan Fungsi

Hubungan Perencanaan dengan Fungsi – Fungsi Menejemen Lainnya

              Fungsi perencanaan dan fungsi – fungsi dan kegiatan lainnya menejerial lainnya adalah saling berhubungan, saling tergantung dan berinteraksi.

              Pengorganisasian dan Penyusunan Personalia. Personalia adalah proses pengaturan kerja bersama sumber daya keuangan, phisik dan manusia dalam organisasi. Perencanaan menunjukan cara dan perkiraan bagaimana menggunakan sumber daya tersebut secara efektifitas paling tinggi.

              Pengarahan; perencanaan menentukan kombinasi yang paling baik dari faktor – faktor, kekuatan , suberdaya dan hubungan yang diperlukan untuk mengarahkan dan memotivasi karyawan.

              Pengawasan; pengawasan bertindak sebagai kriteria penilaian pelaksanaan kerja.

Tipe – Tipe Perencanaan dan Rencana

Ada paling sedikit 5 dasar pengklasifikasian rencana – rencana sebagai berikut :

  1. Bidang Fungsional, mencakup rencana produksi, pemasaran, keuangan dan personalia.
  2. Tingkatan Organisasi, termasuk keseluruhan organisasi atau satuan – satuan kerja organisasi.
  3. Karakteristik – Karakteristik ( Sifat ) rencana, meliputi faktor kompleksitas, fleksibilitas, keformalan, kerahasiaan, biaya, rasionalitas, kuantitatif dan kualitatif.
  4. Waktu, menyangkut rencana jangka pendek , menengah dan jangka panjang.
  5. Unsur – Unsur Rencana, dalam wujud anggaran, program, prosedur, kebijaksanaan dan sebagainya.

Ada 2 tipe rencana :

  1. Rencana – rencana strategik ( strategic plans ) , yang dirancang memenuhi tujuan – tujuan organisasi yang lebih luas.
  2. Rencana – rencana operasional ( operational plans ) , pengaruhnya lebih terperinci bagaimana rencana – rencana strategik akan dicapai.

Ada 2 tipe rencana operasional yaitu :

  1. Rencana sekali pakai, dikembangkan untuk mencapai tujuan – tujuan tertentu dan tidak dipakai lagi jika telah tercapai
  2. Rencana tetap, merupakan pendekatan – pendekatan standar untuk penanganan situasi – situasi yang dapat diperkirakan dan terjadi berulang –ulang. Wujud umumnya adalah kebijaksanaan prosedur dan aturan.

Faktor Waktu dan Perencanaan

              Faktor waktu memiliki pengaruh sangat besar terhadap rencana dalam 3 hal yaitu  1) waktu diperlukan untuk melaksanakan perencanaan efektif, 2) sering diperlukan untuk melanjutkan setiap langkah perencanaan tanpa informasi lengkap tentang variabel dan alternatif, 3) jumlah waktu yang akan di cakup dalam perencanaan harus dipertimbangkan.

              Rencana jangka pendek mencakup  rencana dari satu hari sampai satu tahun, rencana jangka menengah mempunyai rentang waktu antara beberapa bulan sampai 3 tahun, rencana jangka panjang meliputi kegiatan selama dua sampai lima tahun dengan beberapa rencana diproyeksikan  25 tahun atau lebih dimasa yang akan datang.

 

https://butikjersey.co.id/scarlett-mysteries-apk/