Android 11: Pratinjau Pengembang tersedia, apa yang baru

Android 11: Pratinjau Pengembang tersedia, apa yang baru

 

Android 11Pratinjau Pengembang tersedia, apa yang baru
Android 11Pratinjau Pengembang tersedia, apa yang baru

The Google merilis Developer Preview untuk Android 11 tetapi sebagai mudah dimengerti, versi berikutnya dari operasi ini masih dalam tahap awal. Android 11 yang akan mengikuti Android 10, yang dirilis dengan Pixel 4 dan Pixel 4 XL , akan membawa perubahan dan fitur yang akan meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Fitur dan fungsi baru
Konektivitas

Dengan perangkat yang diaktifkan 5G yang tumbuh dengan cepat, Android 11 tidak dapat diabaikan. Versi baru Android akan menghadirkan API baru untuk konektivitas sehingga pengembang dapat memanfaatkan sepenuhnya kemampuan jaringan berkecepatan tinggi yang baru. Selain itu, pengembang akan dapat mengontrol jenis koneksi. Jika penyedia menawarkan data tanpa batas, maka aplikasi akan menawarkan resolusi yang lebih tinggi.

Pada saat yang sama, ada API yang secara kasar menghitung bandwidth, sehingga pengembang memiliki alat yang mengontrol hilir dan hulu.

Dukungan untuk layar baru

Beberapa perusahaan sudah mulai memasukkan tampilan lubang jarum atau air terjun di smartphone mereka. Dengan Android 11, produsen yang memutuskan untuk beralih ke jenis tampilan yang lebih baru tidak perlu melakukan perubahan lebih lanjut pada sistem operasi untuk menawarkannya. Sebagai contoh, ini akan memungkinkan semua aplikasi menggunakan seluruh tampilan air terjun.

Notifikasi

Sekali lagi, Google membuat perubahan pada notifikasi. Kali ini, akan ada bagian terpisah untuk percakapan di area notifikasi. “Bubbles” adalah cara untuk menjaga percakapan di latar depan agar mudah diakses saat pengguna melakukan hal lain di ponsel mereka.

Pada saat yang sama, jika aplikasi mendukung penyalinan dan menempelkan foto, maka pada Android 11 Anda akan dapat mengimpor foto sebagai respons terhadap pesan dari bidang notifikasi. Terakhir, dalam Pratinjau Pengembang pertama, fitur ini didukung untuk Google Chrome dan Gboard.

Privasi dan lisensi

Privasi saat ini adalah hal terpenting di internet dan Android 11 akan menghadirkan fitur baru di area ini. Lebih khusus lagi, pengguna akan dapat memberikan aplikasi untuk menerima informasi lokasi secara terus menerus atau sekali dan tentu saja akan dapat mencegah aplikasi dari menerima informasi lokasi.

Rekaman layar dan peningkatan dalam tema gelap

Tangkapan layar yang awalnya diintegrasikan ke dalam Android 10 dan kemudian pensiun akan kembali dan akan “disematkan” ke Pengaturan Cepat. Adapun tema gelap, itu akan memiliki kemampuan tergantung pada waktu untuk berubah secara otomatis di siang hari.

Lain-lain

Neural Networks API akan memberikan pengembang fitur baru dan meningkatkan keamanan. Melalui API,

pengembang akan menerima alat baru untuk secara signifikan mengurangi dampak pembaruan platform pada aplikasi mereka. Dengan menggunakan API, aplikasi akan dapat membisukan getaran dari nada dering, alarm, atau peringatan saat kamera aktif.

Perubahan untuk Pixel 4

Untuk Pixel 4 dan 4 XL, Android 11 akan membawa gerakan baru ke Motion Sense untuk musik sambil meningkatkan sensitivitas sentuhan saat menggunakan pelindung layar.

Siapa yang dapat mengunduh Android 11?

 

Pratinjau Pengembang pertama tersedia untuk Pixel 2 , 2 XL, seluruh seri Pixel 3 (3, 3 XL, 3a dan 3a XL) dan tentu saja dua Pixel 4 dan 4 XL terakhir. Selain itu, mereka yang memiliki perangkat yang mendukung Project Treble dengan bootloader yang tidak terkunci yang menjalankan Android 9 atau 10 akan dapat mem-flash Android 11 Generic System Image menggunakan fastboot. Akhirnya, pengembang yang tidak memiliki yang di atas dapat mengunduh gambar sistem terbaru dari SDK Manager Android Studio.

Baca Juga: