Supply Chain Management

Supply Chain Management

Supply Chain Management
Supply Chain Management

Supply Chain Management adalah manajemen terhadap aliran antar dan diantara tahapan supply chainuntuk memaksimalkan profitabilitas keseluruhan supply chain SCM merupakan konsep yang semakin penting pada era perdagangan bebas dan globalisasi. Dalam era tersebut, persaingan bukan lagi produk melawan produk atau perusahaan melawan perusahaan akan tetapi lebih kepada rantai pasok (supply chain) melawan rantai pasok.

Menurut Lambert et. al dalam Croxton (2001), proses-proses bisnis dalam SCM terdiri atas delapan bagian yang meliputi: manajemen hubungan pelanggan, manajemen pelayanan pelanggan, manajemen permintaan, pemenuhan pesanan, manajemen aliran manufaktur, manajemen hubungan pemasok, pengembangan dan komersialisasi produk, dan manajemen pengembalian (return management).

Optimalisasi Supply Chain

Tuntutan pelanggan yang terus berkembang

Dengan makin terbukanya pasar bebas yang mendunia (globalisasi), maka terjadi banyak dan begitu ketat persaingan antar perusahaan dan antar produk. Bagi para konsumen, ini merupakan keuntugan besar karena mereka mendapatkan :

  • Harga yang lebih kompetitif
  • Pilihan sumber pembelian yang lebih banyak
  • Mutu barang yang lebih banyak
  • Pilihan brand yang lebih banyak
  • Penyediaan yang lebih cepat
  • Layanan lain yang lebih baik.

Baca Juga :