Pengertian Qardh

Pengertian Qardh

Pengertian Qardh

Secara etimologi qardh merupakan

bentuk masdar qaradha asy-syai’-yaqridhu, yang berarti dia memutuskannya. Qardh adalah bentuk masdar yang berarti memutuskan. Dikatakan, qaradha asy syai’a bil-miqradh,atau memutus sesuatu dengan gunting. Al-qardh adalah sesuatu yang diberikan oleh pemilik untuk dibayar.

Adapun qardh secara terminologi adalah memberikan harta kepada orang  yang akan memanfaatkannya dan mengembalikan gantinya dikemudian hari. Al- qardh adalah pemberian harta kepada orang lain yang dapat ditagih atau diminta kembali atau dengan kata lain meminjamkan tanpa mengharapkan imbalan. Dalam literatur fiqh klasik,qardh dikategorikan dalam aqad tathawwul atau akad saling membantu dan bukan transaksi komersial. Pada saat transaksi,Islam menganjurkan agar akad utang piutang ditulis dengan menyebut nama keduanya, tanggal dan saksi.

Dari defenisi di atas dapat disimpulkan bahwa qardh adalah suatu aqad antara dua pihak dimana pihak pertama memberikan uang atau barang kepada pihak ke dua untuk dimanfaatkan dengan ketentuan bahwa uang atau barang tersebut harus dikembalikan persis yang ia terima dari pihak pertama. Keduanya memandang bahwa qardh diartikan sebagai harta yang diberikan oleh muqridh kepada muqarridh yang pada suatu saat harus dikembalikan.

Secara syar’i para ahli fiqh mendefinisakan qardh:

  1. Menurut pengikut Madzhab Hanafi, ibn Abidin mengatakan bahwa suatu pinjaman adalah apa yang dimiliki satu orang lalu diberikan kepada yang lain kemudian dikembalikan dalam kepunyaannya dalam baik hati.
  2. Menurut Madzhab Maliki mengatakan qardh adalah pembayaran dari sesuatu yang berharga untuk pembayaran kembali tidak berbeda atau setimpal.
  3. Menurut Madzhab Hanbali qardh adlaah pembayaran uang ke seseorang siapa yang akan memperoleh manfaat dengan itu dan kembalian sesuai dengan pendanaanya.
  4. Menurut Madzhab Syafi’i qardh adalah memindahkan kepemilikan sesuatu kepada seseorang, disjikan ia perlu membayar kembali kepadanya.

Sumber: https://blog.fe-saburai.ac.id/seva-mobil-bekas/