PENGERTIAN LEMBAGA NEGARA

PENGERTIAN LEMBAGA NEGARA

PENGERTIAN LEMBAGA NEGARA

Lembaga negara merupakan

lembaga pemerintahan atau disebut juga dengan Civilizated Organization. Lembaga negara di Indonesia merupakan institusi – institusi yang di bentuk berdasarkan UUD 1945 dan UU serta memiliki sistem yang di bentuk oleh negara itu sendiri, bertujuan untuk membangun negara tersebut. Lembaga negara terbagi beberapa macam.

Lembaga negaradi Indonesia memiliki tiga bidang yaitu bidang legislatif yaitu DPR atau Dewan Perwakilan Rakyat, bidang eksekutif yaitu presiden dan wakil presiden beserta menteri – menteri yang membantu dan bidang yudikatif yaitu MA atau Mahkamah Agungserta MK atau Mahkamah Konstitusi yang memiliki tugas masing – masing.

Lembaga negara baru di Indonesia seperti KY atau Komisi Yudisial dan Mahkamah Konstitusi serta UUD 1945 menggantikan Dewan Pertimbangan Agung atau DPA dengan membentuk dewan pertimbangan yang bertugas untukmemberikan nasihat dan pertimbangan pada Presiden. Perlu anda ketahui beberapa tugas umum lembaga negara di indonesia.

Tugas umum lembaga negara di Indonesia yaitu memuncul kan suasana yang kondusif, aman, dan harmonis di lingkungan bagi warga negara Indonesia. Lembaga negara dapat membantu negara untuk Memberantas tindakan pidana korupsi, kolusi, maupun nepotisme. Berikut struktur lembaga – lembaga di Indonesia beserta tugas – tugas nya.


Sumber: https://www.terbaru.co.id/might-and-mayhem-apk/