Pendapat 4 Ahli dengan Pengertian Supply Chain

Pendapat 4 Ahli dengan Pengertian Supply Chain

Pendapat 4 Ahli dengan Pengertian Supply Chain

Menurut Pujawan (2005, p5)

Supply chain adalah jaringan perusahaan- perusahaan yang secara bersama-sama bekerja untuk menciptakan dan menghantarkan suatu produk ke tangan pemakai akhir. Perusahaan-perusahaan tersebut biasanya termasuk pemasok (supplier), pabrik, distributor, toko, atau ritel, serta perusahaan- perusahaan pendukung seperti perusahaan jasa logistik.
Menurut Indrajit (2006, p5), Supply chain adalah suatu sistem pada organisasi yang menyalurkan barang produksi dan jasanya kepada para pelanggannya. Rantai ini merupakan jaringan dari berbagai organisasi yang saling berhubungan yang mempunyai tujuan yang sama.
Menurut J.Aitken (Christopher, 1998, p19) Supply chain didefinisikan sebagai sebuah jaringan yang terhubung dan saling bergantung dan menguntungkan dalam organisasi dan saling bekerja sama untuk mengendalikan, mengatur dan mengembangkan alrus material dan informasi dari supplier ke end user.

Menurut Schroeder (2007, 189) Supply chain adalah rangkaian dari proses bisnis dan informasi yang menyediakan produk atau jasa dari supplier ke manufaktur, dan mendistributorkan ke konsumen


Baca Juga :