PELANGGARAN HAM DI LINGKUP SEKOLAH

PELANGGARAN HAM DI LINGKUP SEKOLAH

PELANGGARAN HAM DI LINGKUP SEKOLAH

Saat orangtua sudah dapat

menciptakan kehidupan rumah tangga yang baik dan penuh dengan pendidikan moral, maka hal lain yang perlu untuk dibekali kepada anak adalah jangan sampai melakukan bully dan juga di-bully teman.

Bully merupakan bentuk pelanggaran HAM yang kerap terjadi di lingkungan sekolah. Kasus ini banyak terjadi akibat adanya senioritas dan juga merasa lebih hebat dan kuat dari siswa atau siswi yang dianggap lebih lemah.

Cara penanggulangan lainnya yang dapat dilakukan adalah penanganan dari pihak guru. Saat melihat bully, semua guru harus segera memberikan sanksi terhadap orang yang melakukan bully. Kemudian, saat kasus kekerasan terjadi akibat ulah guru, maka yang pertama kali harus turun tangan adalah kepala sekolah.

Setelah itu, orangtua dari siswa atau siswi korban bully perlu untuk menangani hal ini dengan serius. Kemudian, bila kasus seperti itu terjadi harus segera disosialisasikan dan dirapatkan, agar hal tersebut tidak pernah terjadi kembali.

Kasus pelanggaran HAM yang sering terjadi di lingkungan sekolah yang lainnya yaitu kasus tawuran. Perlu disadari bahwa pendidikan moral harus diperhatikan sekali sejak dini. Mendidik pelajar atau anak yang sudah remaja akan menjadi sangat susah dilakukan.

Pendidikan moral dalam mengontrol emosi juga perlu untuk dilakukan, agar pada saat marah tidak mudah terprovokasi dan ikut-ikutan dalam aksi tawuran. Pada masa remaja, anak sedang dalam masa pencarian jati diri. Walaupun anak akan menjadi susah untuk dinasihati, Anda sebagai orangtua tetap perlu menasihati dengan perkataan yang lembut dan arahkan ke hal-hal yang berkaitan dengan prestasi.

Kasus pelanggaran HAM berikutnya yang sering terjadi yaitu kasus korupsi uang beasiswa oleh guru. Beasiswa biasanya banyak ditujukan bagi siswa dengan faktor ekonomi keluarga yang kurang baik. Uang ini merupakan satu-satunya harapan yang dapat digunakan siswa-siswa tersebut untuk dapat menyelesaikan jenjang pendidikan.

Bagi guru yang melakukan tindak kejahatan ini, perlu untuk dipecat saja atau bahkan dipenjara. Bila ingin mendapatkan uang tambahan akibat kebutuhan keluarga, guru tersebut bisa saja mencari kerja sambilan lainnya dengan cara yang halal.

Setelah dipecat, kepala sekolah perlu untuk mengadakan rapat untuk menjadi hal ini sebagai terapi shock, sehingga tidak aka nada lagi guru yang melakukan tindakan keji tersebut. Bila diamati, maka kepala sekolah memiliki andil yang cukup besar dalam mengentaskan kasus pelanggaran HAM di sekolah yang paling besar.

Maka dari itu, dalam memilih kepala sekolah harus sangat berhati-hati dan terdapat banyak sekali pertimbangan dan tidak hanya selalu berkutat pada tingkat pendidikan yang dimiliki oleh calon kepala sekolah tersebut. Pendidikan moral juga harus diutamakan, agar kedepannya sekolah menjadi tempat yang aman bagi siswa, guru, maupun orangtua.


Sumber: https://www.slimmingcapsule.co.id/beyond-oasis-classic-apk/