PELANGGARAN HAM DI LINGKUP MASYARAKAT

PELANGGARAN HAM DI LINGKUP MASYARAKAT

PELANGGARAN HAM DI LINGKUP MASYARAKAT

Saat lingkungan keluarga dan sekolah sudah mendukung, maka akan lahir generasi muda yang memegang keseimbangan antara ilmu-pengetahuan dan juga moral dengan teguh. Keseimbangan antara keduanya sangat perlu untuk dijaga, agar tercipta perlindungan HAM yang baik dalam lingkup keluarga dan sekolah.

1. TAWURAN ANTAR WARGA

Kasus yang harus diselesaikan berikutnya yaitu dalam lingkup masyarakat. Dalam lingkup ini juga masih sering terjadi kasus pelanggaran HAM. Contoh yang paling menonjol adalah tawuran antar desa, RT, maupun RW.

Hal tersebut dapat terjadi saat para warga mudah emosi. Apabila para warga disibukkan dengan kegiatan keagamaan yang kuat dan juga wejangan moral yang gencar, maka hal tersebut tidak akan terjadi. Bila kasus ini sudah terjadi, maka harus sampai ke tingkat kepolisian untuk dapat memberikan solusi.

Pembelajaran moral sangat perlu untuk dilakukan, agar seluruh warga tidak mudah diadu domba dan juga emosi. Ingat bahwa hidup di dunia ini hanya sebentar saja dan kematian itu adalah hal yang pasti. Dengan tawuran para warga yang melakukannya dapat saja mempercepat proses kematian ini.

Padahal manusia tidak perlu tawuran, suatu saat juga akan menemui ajalnya. Justru kalau meninggal akibat tawuran itu termasuk meninggal konyol. Hal seperti ini tentu saja akan dinilai oleh Tuhan sebagai tindakan yang tidak baik.

2. MENGHALANGI KEBEBASAN BERIBADAH

Indonesia memiliki beragam suku, agama, ras, dan juga golongan. Membudayakan toleransi akan mnejadi hal yang sangat penting. Maka dari itu, menghalangi suatu masyarakat untuk beribadah dapat dikatakan sebagai tindakan pelanggaran HAM.

Bila ada orang yang melakukan tindakan seperti ini harus diperingatkan dengan keras. Bila pelaku semakin parah, maka tindakan tersebut dapat diperkarakan ke polisi. Namun, bila pelaku meminta maaf dan tidak pernah mengulangi lagi sebelum sampai ke polisi, maka maafkanlah.

3. PENCURIAN

Bangsa Indonesia termasuk kedalam bangsa yang konsumtif. Kejadian ini dapat dijadikan pelajaran bagi para orangtua untuk mendidik anaknya menjadi generasi yang produktif dan bukan konsumtif. Dengan membudayakan perbuatan produktif, maka besarnya pendapatan akan menjadi lebih besar dibandingkan dengan pengeluaran.

Selain dari pendidikan moral menjadi lebih produktif, pendidikan agama juga perlu untuk dipelajari lebih lanjut. Setiap agama selalu melarang pencurian yang mana mengambil hak yang menjadi hak dari orang lain. Pencurian juga dapat terjadi akibat tingginya kesenjangan sosial dan banyaknya pengangguran.

Ini menjadi tugas seluruh bangsa Indonesia untuk dapat mengentaskan kemiskinan. Dukung gerakan generasi muda yang menjadi pengusaha, karena berarti akan terbuka banyak lapangan kerja yang dapat mengurangi tingkat kriminalitas, termasuk pencurian.

4. PEMERKOSAAN

Pemerkosaan tergolong kedalam salah satu pelanggaran HAM. Pelanggaran yang satu ini bisa jadi akibat kurangnya iman dan kurang tegasnya hukuman yang dijatuhkan kepada pelaku pemerkosaan. Terkadang pakaian model jaman sekarang untuk perempuan juga terlalu terbuka.

Hanya saja alasan yang terakhir tetap tidak dapat dijadikan alasan utama. Bila setiap pelaku pemerkosaan langsung dikebiri, maka hal ini akan menjadi terapi shock yang akan membuat orang lain enggan untuk melakukannya.

Mungkin ada juga orang yang berpikiran bahwa hukuman kebiri terlalu berlebihan. Bagaimana dengan korban yang sudah diperkosa. Apabila sampai mengandung anak, kasihan juga anak yang dikandungnya. Biasanya korban juga tidak mau mengurus anak dari hasil perkosaan.

Diperkosa saja sudah membuat korban trauma apalagi harus terus menerus melihattersebut. Akibat perbuatan keji ini akan ada dua korban sekaligus. Apalagi sang anak, kalau boleh memilih tentu saja ingin dilahirkan dengan kondisi orangtua yang normal.

Jarang sekali ada orang yang dipenjara dan benar-benar bertaubat setelah kembali bebas. Jika ada itu sangat jarang terjadi. Jadi lebih baik, pelaku pemerkosaan langsung dikebiri saja. Tidak perlu ada toleransi terhadap pelaku kejahatan untuk mencegah pelaku lainnya juga beraksi.


Baca Juga :