PELANGGARAN HAM DI LINGKUP KELUARGA

PELANGGARAN HAM DI LINGKUP KELUARGA

PELANGGARAN HAM DI LINGKUP KELUARGA

Mencari nafkah, membimbing, dan mendidik

seluruh anggota keluarga adalah tugas seorang ayah. Tugas seorang ibu yang utama adalah mendidik anak. Apabila seorang ibu juga turut bekerja, maka itu hanyalah bersifat menolong sang ayah saja.

Hal yang perlu untuk ditekankan berikutnya adalah tugas seorang anak hanya belajar saja dan membantu menolong pekerjaan rumah saja. Anak di bawah umur tidak diperbolehkan untuk bekerja dengan cara dipaksa.

Pemaksaan merupakan bentuk dari eksploitasi anak. Hal ini termasuk kedalam pelanggaran HAM dalam lingkup keluarga yang harus dihindari. Salah satu cara untuk menanggulangi hal ini yaitu dengan memberikan pengarahan dan juga pemahaman kepada orang tua akan pentingnya melindungi HAM dari anak masing-masing. Hal ini dapat dilakukan oleh pihak ketiga.

Pelanggaran dalam lingkup keluarga lainnya yang harus dihindari adalah pelarangan sang anak untuk menuntut ilmu dan membekali diri dengan berbagai keterampilan melalui jenjang pendidikan. Ilmu-pengethauan dan juga keterampilan sangat penting bagi kehidupan sang anak di masa depan.

Pendidikan juga akan mempengaruhi pola pikir, ketahanan mental, dan juga ekonomi sang anak di masa depan. Maka dari itu, pemberitahuan wajib belajar 12 tahun perlu semakin digencarkan, agar seluruh orangtua dapat memahami hal ini.

Pemberian pemahaman tersebut harus dilakukan oleh pihak ketiga. Sedangkan tindakan lainnya yang termasuk dalam pelanggarang HAM adalah kekerasan dalam rumah tangga. Kekerasan ini bisa saja dilakukan oleh ayah maupun ibu.

Kekerasan dalam rumah tangga dapat terjadi di sebabkan oleh faktor ekonomi, emosi, dan juga sifat egois. Untuk menghindari terjadinya hal ini, maka keimanan seseorang sebelum dan sesudah menikah harus terus dikembangkan. Bahkan sebelum menikah juga harus menanamkan pikiran pentingnya budaya saling toleransi, karena setelah menikah kedua belah pihak harus dapat saling meruntuhkan ego.

Pelanggaran yang paling berat terjadi adalah adanya oknumm yang membunuh anggota keluarga lainnya. Hal ini dapat terjadi, karena adanya dendam, kurangnya keharmonisan, dan juga kurangnya keimanan seseorang.

Apabila sudah sampai ke taraf yang satu ini, maka pelakunya harus diberi sanksi secara hukum, baik penjara maupun hukuman mati. Tindakan penting yang harus dilakukan sejak dini sebagai orangtua yaitu meruntuhkan ego dan juga pendidikan moral kepada anak sejak dini.


Sumber: https://www.smsgrosir.co.id/the-tiny-adventures-apk/