MENGELOLA SEBUAH KOTA

MENGELOLA SEBUAH KOTA

MENGELOLA SEBUAH KOTA
MENGELOLA SEBUAH KOTA

Awal: Tinjauan Manajemen Perkotaan

  1. Konsep manajemen perkotaan akan terus berkembang dan dipandang sebagai sesuatu yang kontekstual dalam pelaksanaannya. Sehingga manajemen perkotaan dinilai sebagai bentuk yang bersifat dinamis.

  2. Perencanaan adalah fungsi dasar dari manajemen. Blendingantara perencanaan dengan menajemen dalam konteks lingkungan kota yang kecil adalah adanya penggabungan dua institusi yang masing-masing memiliki fungsi sebagai insitusi perencanaan dan manajerial. Namun dalam konteks lingkungan kota yang kompleks maka pertautan antara keduanya sering mengisi satu sama lain baik dari segi fungsi dan peran ditinjau dari institusi dan manajer kota itu sendiri.

  3. Kemandirian kota dapat diwujudkan melalui pelaksanaan partisipasi dan kemitraan, yang diupayakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengembangkan budaya kerjasama yang inovatif dan sehat dalam mendukung program-program pembangunan.

  4. Pada dasarnya strategic planning dan action planning dapat diaplikasikan pada local-level dan city-level. Secara lebih khusus untuk action planning, lingkup kajiannya lebih kecil (local) namun berdampak pada lingkup yang lebih besar. Konsep Strategic planning dan Action Planning akan lebih ‘powerfull’ jika didukung dengan jenis-jenis perencanaan lainnya.

  5. Kepemimpinan memegang peran penting dalam manajemen perkotaan, karena melalui kepemimpinan fungsi kelembagaan akan lebih efisien dan efektif, program-program pembangunan akan lebih tepat sasaran, menjamin adanya pembangunan sistem pemerintahan dan organisasi yang lebih baik, memberi peluang partisipasi dan kemitraan yang lebih dinamis.

  6. Bentuk-bentuk penerapan manajemen perkotaan baik di Indnesia dan negara lain hendaknya merupakan suatu program yang kontinu dan dapat dirasakan dampaknya untuk masyarakat luas. Tidak untuk kepentingan generasi saat ini tapi untuk generasi selanjutnya sehingga diperlukan monitoring, evaluasi dan pemeliharaan terhadap hasil-hasil pembangunan yang memiliki implikasi positif terhadap pemenuhan kepentingan publik tersebut.

Sumber : https://belinda-carlisle.com/magic-nightfall-apk/