Kelebihan dari geotube

Kelebihan dari geotube

Kelebihan dari geotube

• bentuknya yang dapat mengikuti bentuk permukaan tanah,
• kemampuannya menahan partikel tanah namun pada saat yang bersamaan air dapat terdisipasi,
• instalasi yang mudah dan cepat bahkan dapat dilakukan di dalam air,
• berat tube yang cukup besar sehingga geotube stabil dalam konstruksi,
• harga yang relatif ekonomis, tergantung dari lokasi, ketersediaan material, alat dan tenaga kerja.
• ramah lingkungan
• dan tentunya kemudahan untuk memperoleh tube.

Prinsip dasar dari tube dalam aplikasi

penanggulangan erosi adalah menahan butiran tanah yang terdapat di dalamnya, namun pada saat yang bersamaan air dapat mengalir keluar tanpa menghanyutkan butiran tanah. Oleh sebab itu, tube umumnya diisi dengan tanah yang bersifat non kohesif seperti pasir atau lumpur. Properti geotekstil yang harus diperhatikan adalah permeabilitasnya, bukaan pori dan kuat tarik. Untuk memperoleh ketinggian yang diinginkan, tube bisa saja diisi lebih dari satu kali, mengingat kandungan air pada larutan pasir cukup besar. Ketinggian dapat dicapai pula dengan menumpuk beberapa geotube.
Pada kasus – kasus tertentu, tube dapat diisi dengan campuran semen, terutama pada lokasi yang sulit memperoleh pasir atau lumpur, atau diperlukan tingkat kekakuan yang lebih tinggi. Sedangkan kekuatan material geotekstil disesuaikan dengan kebutuhan. Bila geotube kemungkinan besar mengalami benturan seperti pada dasar pelabuhan, kanal kapal, maka dibutuhkan geotekstil yang mempunyai tegangan tarik yang lebih besar ( di atas 50 kN/m ). Namun pada aplikasi penanggulangan erosi, tidak memerlukan tegangan tarik yang terlalu besar karena yang diutamakan adalah sifat penahan butiran tanah.

Beberapa alternatif untuk memperkuat geotube dapat dilakukan seperti pemberian angkur sehingga tube lebih stabil , pemberian lapisan tambahan geotekstil bagian dalam geotube ( terutama pada bagian jahitan ), atau setelah tube terisi penuh ditutupi dengan rip – rap / vegetasi.


Sumber: https://blog.fe-saburai.ac.id/seva-mobil-bekas/