BAGIAN-BAGIAN JANGKA SORONG

BAGIAN-BAGIAN JANGKA SORONG

BAGIAN-BAGIAN JANGKA SORONG

1. RAHANG LUAR

Kegunaan bagian ini adalah untuk mengukur sisi bagian diameter luar , biasanya caranya dengan cara mengempit benda tersebut. Bagian dari rahang luar ini ada dua bagian yaitu sensor geser dana rahang tetap.

2. RAHANG DALAM

Bagian ini untuk sisi bagian dalam suatu diameter biasanya dengan cara di ulur. Hampir sama dengan rahang luar rahang dalam juga memiliki dua bagian yaitu sensor geser dan sensor tetap. Biasanya kegunaan pada bagian ini untuk mengukur diameter suatu pipa.

3. PENGUKUR KEDALAMAN ATAU DEPTH PROBE

Fungsi adalah untuk mengukur kedalaman suatu benda. Biasanays secara kasad mata bagian ini tidak akan terlihat, akan tetapi bagian ini ada di bagian paling bawah jangka sorong. Untuk bisa menggunakan nya kita harus menarik bagian tersebut.

4. SKALA UTAMA

Skala ini adalah skala yang di guanakn untuk mengukur suatu benda dengan skala ukuran sentimeter. Skala utama yang menunjukkan angka adalah sentimeter sedangkan untuk garis-garis kecil nya tersebut adalah satu mili meter.

5. SKALA NONIUS

Skala nonius sendiri telah di terangkan di atas, menjadi sebuah kelebihan dari jangka sorong itu sendiri. Biasanya ketepatan nya tergantung dari pemakai nya itu sendiri. Biasanya ada yang hingga 0,1 , 0,02 atau hingga 0,05.

6. PENGUNCI

Bagian ini berguna untuk mengunci bagian dalam jangka sorong agar tidak mudah berubah-rubah.


Sumber: https://periskop.co.id/sniper-war-apk/