Pengertian Hipotalamus

Pengertian Hipotalamus

Pengertian Hipotalamus

Hipotalamus (bahasa Inggris: hypothalamus) adalah

bagian dari otak yang terdiri dari sejumlah nukleus dengan berbagai fungsi yang sangat peka terhadap steroid dan glukokortikoid, glukosa dan suhu. Hipotalamus juga merupakan pusat kontrol autonom. Salah satu di antara fungsi hipotalamus yang paling penting karena terhubung dengan sistem saraf dan kelenjar hipofisis yang merupakan salah satu homeostasis sistem endokrin, adalah fungsi neuroendokrin yang berpengaruh terhadap sistem saraf otonomi sehingga dapat memelihara homeostasis tekanan darah, denyut jantung, suhu tubuh dan perilaku konsumsi dan emosi.


Hipotalamus juga merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sistem limfatik, dan merupakan konektor sinyal dari berbagai bagian otak menuju ke korteks otak besar. Akson dari berbagai sistem indra berakhir pada hipotalamus (kecuali sistem olfaction) sebelum informasi tersebut diteruskan ke korteks otak besar.[2] Hipotalamus berfungsi sebagai monitoring dan mengontrol berbagai aktivitas dari tubuh yang sangat banyak.


Hipotalamus mengirim suatu signal ke kelenjar adrenal yaitu epinephrine dan neropinephrine. Sekresi yang lain berupa:

  1. antideuretic hormone (ADH), oksitosin, dan regulatory hormones. hormon ini disekresi dari hipotalamus posterior
  2. GnRH pada area preoptik dan merangsang hipofise anterior
  3. GHIH oleh neuron perventrikular dan merangsang hipofise anterior
  4. GHRH oleh neuron infudibular pada area mediobasal dan merangsang hipofise anterior

Otak adalah mesin penggerak manusia. Jika Anda ingin melakukan sesuatu, maka otaklah yang memerintah dan mengaturnya. Otak bekerja dengan meneima dan mengolah sinyal yang masuk dari organ sensoris, misalnya tangan, kemudian mengirimkannya sebagai perintah ke otot untuk bertindak. Hipotalamus adalah salah satu bagian otak yang memiliki andil dalam hal tersebut, juga berbagai peran penting lainnya. Berikut semua info penting yang perlu Anda tahu seputar hipotalamus.


Apa itu hipotalamus?

  • Lokasi hipotalamus dalam otak manusia

Kata hipotalamus berasal dari dua kata Yunani yang diterjemahkan menjadi “di bawah thalamus.” Talamus itu sendiri adalah bagian otak yang berfungsi menyampaikan informasi sensorik dan bertindak sebagai pusat persepsi nyeri.


Hipotalamus terletak di pangkal otak, di bawah thalamus dan di dekat kelenjar pituitari. Semua otak mahkluk bertulang belakang (vertebrata) memiliki hipotalamus. Pada manusia, ukurannya hampir sama dengan almond.
Hipotalamus adalah area kecil di pusat otak yang memiliki banyak peran penting. Hipotalamus yang tidak berfungsi baik dapat menyebabkan banyak masalah dalam tubuh.


Apa fungsi hipotalamus?

Untuk bisa berfungsi normal, kondisi tubuh perlu tetap berjalan normal dan seimbang. Tugas utama hipotalamus adalah untuk menjaga kondisi ini sebisa mungkin. Caranya, hipotalamus bertindak sebagai penghubung antara endokrin dan sistem saraf. Hipotalamus merangsang endokrin untuk memproduksi hormon lewat sinyal saraf dan mengedarkannya ke seluruh tubuh.


Nah, hormon-hormon inilah yang kemudian membantu mengatur berbagai fungsi fisiologis tubuh, seperti:

  1. Suhu tubuh
  2. Rasa haus dan lapar
  3. Emosi
  4. Siklus tidur
  5. Gairah seks
  6. Persalinan
  7. Tekanan darah dan detak jantung
  8. Produksi asam lambung
  9. Keseimbangan cairan tubuh

Sinyal yang diterima oleh hipotalamus akan memberi tahunya apakah keseimbangan sudah tercapai atau tidak. Apabila tidak, hipotalamus akan mengalirkan hormon yang dibutuhkan pada aliran darah untuk membantu tubuh mengembalikan keseimbangannya.


Contohnya, apabila hipotalamus menerima pesan bahwa suhu tubuh terlalu panas, hipotalamus akan memerintahkan endokrin untuk menghasilkan keringat guna mendinginkan tubuh. Sebaliknya apabila suhu terlalu dingin, hipotalamus akan membuat tubuh merinding untuk menghasilkan panas.


Sumber: https://baliactivities.co.id/lords-castles-apk/