4 Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Ingin Menjual Smartphone Lama

4 Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Ingin Menjual Smartphone Lama

 

4 Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Ingin Menjual Smartphone Lama
4 Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Ingin Menjual Smartphone Lama

Seiring dengan semakin cepatnya perkembangan teknologi, membuat vendor smartphone berlomba-lomba menghadirkan smartphone-smartphone baru setiap tahunnya. Kamu yang sering mengikuti perkembangan teknologi terutama smartphone mungkin terpikir untuk membeli smartphone baru.

Lalu bagaimana dengan smartphone lama? Ya tentu saja dijual. Karena sayang jika dijadikan ganjelan pintu. Namun sebelum menjual smartphone lama, kamu perlu melakukan 4 hal ini.

Cadangkan Data

Data-data yang ada di smartphone lama kamu adalah hal yang sangat berharga. Bersama smartphone tersebut,

kamu mengalami banyak hal. Ribuan foto telah kamu ambil. Ratusan video telah kamu rekam. Dan puluhan ribu SMS telah kamu kirim, entah kepada kepada orang yang membalas atau mengabaikannya.

Untuk mengamankan data-data tersebut, kamu bisa menggunakan layanan Cloud Storage seperti DropBox, Google Drive dan Mega. Atau bisa menggunakan layanan backup bawaan smartphone seperti Mi Cloud. Untuk mencadangkan SMS, kamu bisa menggunakan aplikasi SMS Backup + dan sejenisnya. Setelah semua data telah dicadangkan, hapus data-data tersebut dari smartphone lama kamu agar tidak bisa dilihat orang lain.

Unroot (Opsional)

Jika sebelumnya smartphone kamu sudah dalam kondisi root, maka wajib untuk di Unroot. Kenapa harus di Unroot? Simpel saja, karena rata-rata smartphone android yang dijual dalam kondisi telah di root, harganya akan jauh lebih murah.

Hal tersebut karena sebagian pengguna berpikir bahwa smarrphone yang telah di root lebih rawan “rusak”.

Karenanya untuk meningkatkan harga jual smartphone kamu, Unrootlah sebelum Unroot itu dilarang.

Hapus Data Aplikasi

Tidak mau ‘kan kalau pemilik smartphone smartphone kamu berikutnya menggunakan akun-akun di aplikasi favorit kamu? Aplikasi seperti WhatsApp, BBM, Facebook, Twitter dan semacamnya wajib kamu bersihkan datanya.

Dengan membersihakn data aplikasi, maka semua pengaturan, informasi akun, dan data-data aplikasi akan hilang. Artikel mengenai cara menghapus data aplikasi pernah saya ulas disini.

Kembali ke pengaturan pabrik

Jika menghapus data dirasa kurang cukup, maka kamu bisa melakukan langkah terakhir. Yaitu dengan mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik.

Dengan melakukan ini, semua data aplikasi, pengaturan, dan lain-lain akan kembali seperti ketika smartphone baru

keluar dari kardus. Untuk mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik, buka pengaturan > kembali ke pengaturan pabrik.

Jika sudah melakukan 4 hal diatas, kamu bisa mulai mengiklankan smartphone lama kamu di situs jual beli barang bekas. Atau menawarkannya langsung kepada temaan-teman, tetangga, ataupun Pak RT. Data-data telah aman, smartphone juga telah “bersih”, kamu bisa merelakan smartphone tersebut untuk majikan barunya.

Selamat mencoba.

Sumber:

https://galleta.co.id/fancy-pants-adventures-apk/