SEJARAH EMAIL

SEJARAH EMAIL

SEJARAH EMAIL
SEJARAH EMAIL

SEJARAH EMAIL
Latar Belakang Sejarah Email dan Perkembangannya
Berbicara sejarah email dan perkembangannya, sejenak ingatan kita melayang pada Arpanet nenek moyang interbet yang menghasilkan beberapa teknologi komunikasi berbasis internet. Mari kita melirik ke belakang bagaimana sejarah email dan perkembanganya hingga hadir dan menjadi kebutuhan komunikasi data saat ini.

Surat elektronik, dikenal dengan elektronik mail atau singkatannya ‘email’,mungkin adalah media komunikasi yang paling sering digunakan saat ini. Sekitar 50 tahun yang lalu, seseorang mengatakan bahwa akan ada kemungkinan untuk langsung memberikan dan penerima dokumen dari segala penjuru dunia dengan hanya duduk-duduk saja. Hal ini tentunya jadi bahan tertawaan. Saat itu karena dianggap sebagai ketidak mungkinan dimana surat menyurat konvensional membutuhkan waktu dan jarak pengiriman. Namun setelah kehadiran email menaklukkan dunia web yang luas hal yang dulunya tidak mungkin menjadi kenyataan. Saat ini dengan email, ada begitu banyak manfaat yang dirasakan, bukan hanya dengan komunikasi teks saja tetapi kemampuan email mengirimkan konten multimedia, bahkan mengirim software, menjadikan email sangat populer. Memang benar orang mengatakan bahwa kebutuhan adalah induk dari semua penemuan, dan kita manusia selalu menemukan jalan setiap kali memerlukan. Sejarah email ini sangat menarik disimak. Ayo kawan-kawan kita simak cerita di hari-hari ketika perang dingin berada pada puncaknya.
Setelah krisis misil Kuba tahun 1962, Pentagon memprakarsai program untuk merancang sebuah jaringan yang tujuan utama adalah untuk menahan serangan nuklir. Meskipun, Pentagon bersikeras bahwa ini bukanlah program militer dan memberikan sudut pandang ilmiah. Jaringan ini kemudian dikenal sebagai Advanced Research Projects Agensy Network atau ARPANET.
Sebelum Sejarah email sesungguhnya di mulai ketika munculnya ide untuk menyimpan pesan secara elektronik telah muncul, Pada tahun 1965, oleh Institut Teknologi Massachusetts (MIT), lembaga pertama yang menunjukkan penggunaan sistem email pertama, yang dikenal sebagai kotak pesan. Ini terjadi sebelum internetwork hadir. Oleh karena, sistem ini hanya digunakan untuk mengirim pesan ke pengguna yang berbeda pada komputer yang sama.

Sumber : https://apartemenjogja.id/