Din Syamsuddin: Pendidikan Harus Membebaskan Manusia dari Kebodohan

Din Syamsuddin: Pendidikan Harus Membebaskan Manusia dari Kebodohan

Din Syamsuddin Pendidikan Harus Membebaskan Manusia dari Kebodohan
Din Syamsuddin Pendidikan Harus Membebaskan Manusia dari Kebodohan

Ketua Dewan Nasional Pergerakan Indonesia Maju

(DN-PIM), Din Syamsuddin, mendukung perubahan pendidikan di Indonesia. Din mendorong proses pendidikan tidak hanya bertujuan mencerdaskan bangsa, namun juga bisa memperbaiki kehidupan seseorang.

“Nah kritik kami, selama ini proses pendidikan

yang seharusnya proses pencerdasan kehidupan bangsa, jadi proses pencerdasan kami pahami sebagai proses pencerahan. Maka harus proses pembebasan, membebaskan manusia-manusia dari belenggu, kebodohan, dari kemiskinan,” kata Din di kantor Pergerakan Indonesia Maju, Jakarta Selatan, Kamis (19/12).
Din mengatakan, visi pendidikan tidak boleh hanya sekedar mencerdaskan otak. Tapi, harus bisa membangun sikap yang baik kepada seluruh pelajar.
“Arahnya adalah pembentukan karakter bangsa watak bangsa yang menyeluruh,” sebut Din.
Din Syamsuddin

Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah

Foto: K Wahyu Nugroho/kumparan
Mantan Ketua PP Muhammadiyah itu juga menyinggung soal berkurangnya kualitas pendidikan Indonesia. Menurutnya, semakin hari pengajaran Indonesia hanya mencakup hal kecil.
“Bagaimana proses ngajar mengajar di lembaga-lembaga pendidikan bahkan direduksi jadi administrasi sekolah, soal guru, kurikulum. Inilah reduksi-reduksi penyempitan-penyempitan yang terjadi selama ini,” tutur Din.

 

Sumber :

https://www.belajarbahasainggrisku.id/