Database dalam kehidupan sehari

Database dalam kehidupan sehari

Database dalam kehidupan sehari
Database dalam kehidupan sehari

Data merupakan bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Bila kita mencatat alamat teman atau relasi maka kita menuliskan data yang nantinya merupakan sumber informasi bagi kita. Kita mengenal berbagai jenis data seperti data pegawai dalam lingkungan perusahaan, data mahasiswa dalam lingkungan universitas, atau data teman-teman kita sendiri. Kita mengenal bentuk data yang paling sederhana seperti nama, alamat, no telephon, hingga memerlukan data yang komplek yang harus diolah lebih lanjut seperti data mahasiswa atau data pegawai.

Koleksi data tersebut disebut database. Suatu database harus disusun sedemikian rupa sehingga kita dapat memperoleh informasi yang kita inginkan secara cepat, berapapun banyaknya data itu. Suatu bentuk database yang sering kita gunakan adalah buku telephon. Dalam buku telephon terkandung banyak data namun untuk mencari no seseorang yang kita ketahui nama dan alamatnya kita cukup memerlukan  waktu yang sangat singkat. Contoh database yang lain adalah kamus dan ensiklopedia.

Yang penting dalam penggunaan database adalah kemungkinan untuk mencari informasi (data retrieval) dengan cepat. System manajement database yang sederhana dilakukan dengan menuliskan data di kartu-kartu nama atau menurut no induk (pegawai atau siswa). Untuk buku-buku di perpustakaan dapat dipakai system kartu yang diurutkan menurut nama pengarang atau judul buku.

Pengolahan data tidak dapat dilepaskan begitu saja dengan kehidupan kita sehari-hari . Ilmu pengetahuan, pendidikan, usaha dan bidang yang lainnya memerlukan sistem pengolahan data agar masing-masing bidang tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Sumber : https://pesantrenkilat.id/epic-mighty-heroes-mod/