Sosialisasi Mesti Mulai Dilakukan

Sosialisasi Mesti Mulai Dilakukan

Sosialisasi Mesti Mulai Dilakukan

Sosialisasi Mesti Mulai Dilakukan

Digitalisasi sekolah bakal diterapkan di seluruh satuan pendidikan sebagai terobosan

pemerintah memanfaatkan perkembangan teknologi untuk membantu siswa dan guru dalam proses belajar mengajar. Selain sarana dan prasana yang harus dipersiapkan dengan matang, sosialisasi sekaligus praktik mesti mulai dilakukan kepada guru agar tak menimbulkan masalah dalam penerapannya.

Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan SMAN 7 Kota Bekasi Eddy Sunarya mengatakan, guru harus siap menerapkan digitalisasi sekolah. Sebab, setiap perkembangan maupun perubahan menjadi tuntutan pembelajaran siswa.

”Sebenarnya sistem digitalisasi yang akan diterapkan baik karena akan mempermudah

siswa secara utuh dalam menerima mater-materi pelajaran,” ujar Eddy, kepada Radar Bekasi, Rabu (25/9).

Namun demikian, kata dia, siswa dan guru terlebih dahulu harus memahami pola belajar digital dan menguasai penggunaan perangkatnya. Bila keduanya mampu dipenuhi, digitalisasi sekolah akan berjalan dengan baik dalam penerapannya.

Tentunya pemerintah harus mempersiapkan secara matang sarana dan prasarana. ”Jika ada sistem pembelajaran digital, maka pemerintah juga harus menyiapkan sarana dan prasarana yang menunjang karena percuma kalau nggak diadakan secara utuh berjalannya juga pasti setengah-setengah,” tegasnya.

Hal senada disampaikan oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan SDN Jatiasih IV

Kota Bekasi Surya. Sebelum diterapkan di seluruh sekolah, pemerintah harus memberikan sosialisasi dan praktik program digitalisasi sekolah sejak jauh-jauh hari.

”Saya pribadi sudah siap dan sangat menunggu-menunggu itu, namun tidak dipungkiri bahwa saat ini beberapa guru sudah memasuki waktu tuanya. Untuk mengaplikasikan sistem pembelajaran menggunakan proyektor saja kadang suka nggak bisa, maka harus dibuat pengetahuan workshop mengenai sistem penggunaan digitalisasi sebagai salah satu bahan ajar guru kepada siswa,” tuturnya.

Surya pun telah memiliki gambaran strategi pembelajaran yang akan diterapkan nanti agar lebih mudah dipahami oleh siswa. ”Mungkin lebih banyak menggunakan video pembelajaran sebagai salah satu komunikasinya sebagai alat peraga tentunya sesuai dengan materi, kemudian pembahasan akan dikemas secara digitalisasi agar siswa tidak bosan,” tukasnya.

Sementara, salah satu guru SMPN 17 Kota Bekasi Atep Suhidin mengatakan, guru harus siap meskipun diakui dia sebenarnya belum terlalu siap untuk menerapkan digitalisasi sekolah.

 

Baca Juga :