Dosen UNJ Melatih Perancangan Grafis pada T-shirt

Dosen UNJ Melatih Perancangan Grafis pada T-shirt

Dosen UNJ Melatih Perancangan Grafis pada T-shirt
Dosen UNJ Melatih Perancangan Grafis pada T-shirt

– Dosen Pendidikan Seni Rupa Universitas Negeri Jakarta (UNJ) memberikan

pelatihan perancangan grafis pada t-shirt bagi warga Perumahan Interkota Indah, Cengkareng, Jakarta Barat. Kegiatan ini merupakan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat.

Dengan ekspresi gembira campur malu, satu demi satu peserta memamerkan t-shirt yang dikenakannya di depan kamera. Layar proyektor di belakang mereka menayangkan gambar rancangan buatan mereka sendiri.

Suasana ini berlangsung di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat

(PKBM) Karya Ummat, Perumahan Interkota Indah, Cengkareng, Jakarta Barat. Mereka sedang memamerkan hasil pelatihan merancang grafis pada t-shirt dengan teknik cetak digital.

Kegiatan ini dihelat oleh dosen dan mahasiswa Pendidikan Seni Rupa UNJ, sebagai pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat, bermitra dengan PKBM Karya Ummat. Pendanaannya berasal dari Program Kemitraan Masyarakat 2019, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Semua orang yang sedang berlatih merupakan warga belajar program pendidikan kesetaraan Paket C di PKBM ini.

Tiga dosen, Indro Moerdisuroso, Eko Hadi Prayitno, dan Zaitu Y.A. Kherid berperan sebagai tim penggagas dan pelaksana. Enam mahasiswa, Agung Mashudi, Siti Nurmalena, Adam M. Ilham, Louisiana Wattimena, Rahel Rosellin, R. Aditias Chandra, bertugas sebagai tutor dan dokumentasi.

”Manfaatnya bagi warga belajar besar sekali. Kalau hanya ikut Paket C hanya dapat ijazah. Dengan ikut kegiatan ini mereka juga dapat keterampilan. Bisa untuk cari uang. Dulu kami pernah mengadakan pelatihan merias pengantin. Setelah itu, sewaktu Hari Kartini dan 17-an, mereka jadi sibuk merias anak-anak yang ikut pawai,” tutur penanggung jawab PKBM Karya Ummat Nurhikmah, dalam keterangan tertulisnya.

Bersama sang suami, Yusuf Al Cherida, Nurhikmah tekun menjalankan PKBM Karya

Ummat lebih dari dua dekade, yang resmi berbadan hukum sejak 2009. Alumni Pendidikan Kesetaraan sudah lebih dari 1220 orang, dan untuk Paket B dan C terakreditasi B pada 2017.

Ada beberapa tahapan pelatihan yang berlangsung mulai Januari sampai September 2019. Pada pertemuan pertama mereka mendapat wawasan tentang kegunaan keterampilan merancang grafis pada t-shirt di zaman teknologi media sosial. Gambar pada t-shirt dirancang sendiri, dicetak digital, dan dijual di toko daring (online). Untuk itu mereka diperkenalkan dengan berbagai contoh gambar ilustrasi pada t-shirt dari internet, sambil ditekankan tidak boleh menjiplak.

 

Sumber :

https://ruangseni.com/