Komik Literasi Sangat Disukai Para Pelajar di Seluruh Indonesia

Komik Literasi Sangat Disukai Para Pelajar di Seluruh Indonesia

Komik Literasi Sangat Disukai Para Pelajar di Seluruh Indonesia
Komik Literasi Sangat Disukai Para Pelajar di Seluruh Indonesia

Maju pesatnya internet tak melulu berdampak positif, melainkan juga negatif.

Internet memang sangat bermanfaat, karena dapat mempercepat serta mempermudah arus informasi dan komunikasi antar-manusia. Namun perlu diingat, internet tak dapat mendeteksi informasi baik dan buruk. Semua informasi terbaur menjadi satu untuk disuguhkan kepada penggunanya, termasuk anak-anak dan remaja yang masih belum mampu menyaring informasi tersebut dengan baik.

Anak-anak dan remaja sangat rentan terhadap serapan informasi berbau negatif yang tersebar bebas. Menanggapi masalah ini, Pendidikan.id menciptakan komik digital yang dapat menjadi tempat tujuan para siswa saat berselancar di internet. Komik tersebut tidak hanya sekedar dibuat agar menghibur namun juga mendidik, baik secara moral, kesehatan atau pun ilmu pengetahuan. Itulah sebabnya, komik-komik yang sudah mencapai ratusan itu dinamakan sebagai komik literasi oleh Pendidikan.id.

Mengapa komik?

“Karena komik memiliki daya tarik yang sangat kuat tidak hanya bagi anak-anak

, namun orang dewasa sekaligus,” jelas Ginting Satyana, koordinator tim utama Pendidikan.id. Menurutnya, komik dapat mengalihkan perhatian anak-anak dari informasi-informasi lain yang menyimpang di internet. Jika anak-anak telah memiliki ‘rumah yang nyaman’ untuk dituju saat membuka internet, maka orang tua dan guru tidak perlu lagi khawatir akan kemerosotan nilai pendidikan akibat liarnya internet.
komik literasi, komik pendidikan, komik edukasi

Komentar para siswa di unggahan instagram Pendidikan.id mengenai komik ‘Hamil di Luar nikah.’

Setelah hampir satu tahun komik-komik literasi diluncurkan, nyatanya banyak respon positif

yang diterima Pendidikan.id dari para siswa di Indonesia. Respon-respon tersebut berdatangan melalui halaman website dan sosial media resmi Pendidikan.id. Mereka mengaku antusias membaca komik-komik pendidikan, karena komik tersebut dapat memberikan pelajaran dengan cara yang seru dan menarik.

Salah satu komik yang mendapatkan banyak perhatian dari para siswa remaja yaitu komik ‘Hamil di Luar Nikah.’ Komik ini mengemas pesan ajakan untuk menghindari seks pra-nikah dalam sebuah cerita fiktif dan gambar komik. Alhasil, unggahan instagram Pendidikan.id mengenai komik ini pun dibanjiri komentar positif dari siswa-siswi pembacanya.

 

Sumber :

https://articles.abilogic.com/402585/understanding-metropolitan-area-network-man.html