SISTEM INFORMASI INVENTARIS BARANG

SISTEM INFORMASI INVENTARIS BARANG

SISTEM INFORMASI INVENTARIS BARANG

SISTEM INFORMASI INVENTARIS BARANG

SISTEM INFORMASI INVENTARIS BARANG PADA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA

A. Latar Belakang Masalah

Seiring dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan sekarang ini, semua orang ingin meningkatkan pengetahuan tentang penemuan-penemuan baru dan menikmati hasil teknologi untuk memudahkan atau menyelesaikan tugas akhir. Perkembangan teknologi khususnya komputer telah tersebar diseluruh dunia. Komputer bukan lagi sebagai barang mewah dan langka, hampir semua orang diseluruh dunia sudah bisa menggunakannya. Kemampuan suatu komputer terlatak pada user yang memanfaatkan fasilitas tersebut. Penetapan suatu sistem informasi yang baik dengan menggunakan komputer sepenuhnya terletak pada sistem aplikasinya.

Adapun keunggulan pemakaian komputer pada suatu pekerjaan baik mengenai perhitungan jumlah data yang sangat besar maupun dalam penyimpanan data-data dan pencarian berkas-berkas yang rahasia dapat lebih terjamin dan cepat, maka dalam keunggulan komputer ini instansi atau perusahaan sangat membutuhkanya, karena mereka ingin suatu pengolahan data yang efesien dan efektif.

Akibat dari keunggulan, kemudahan dalam melakukan proses pengolahan data serta kemajuan teknologi komputer, maka banyak pihak perusahaan atau instansi pemerintah yang bergerak dalam bidang jasa, perdagangan dan industri mulai menggunakan sistem komputerisasi. Ini sangat penting dalam perkembangan perusahaan atau instansi karena sistem tersebut sangat membantu dalam hal perhitungan dan proses pengolahan data.

Sistem inventaris di Fakultas Teknik Universitas PGRI Yogyakarta yang terletak di jalan PGRI 1 Sonosewu No117 yogyakarta 55182 ini masih dilakukan secara manual sehingga dalam pengarsipan data inventaris menjadi tidak efektif dan pembuatan laporan membutuhkan waktu yang lama. Sistem inventaris harus terlaksana secara akurat agar tidak terjadinya pemasukan dan pengeluaran barang tanpa melalui prosedur yang telah ditentukan.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, maka penulis bermaksud ingin merancang dan membuat sistem informasi inventaris kepada sistem yang bersipfat komputerisasi khususnya program, dengan menggunakan Visual Basic 6 sehingga sistem yang dimiliki nantinya lebih efektif, cepat, tertata dan akurat serta mudah dalam penggunaan. Oleh karena itu, kami mengusulkan pengembangan sistem dengan judul “SISTEM INFORMASI INVENTARIS BARANG PADA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA”.

Sumber : https://www.quibblo.com/story/DBR5-5Ha/Dosenpendidikan-Introduces-High-School-Study-Materials-on-Their-Website