Pemerintah Dalam Melindungi Persaingan Bisnis

Pemerintah Dalam Melindungi Persaingan Bisnis

Pemerintah Dalam Melindungi Persaingan Bisnis
Pemerintah Dalam Melindungi Persaingan Bisnis

Di tengah era globalisasi seperti sekarang ini pemerintah tetap menpunyai peranan yang penting di dalam berbagai bidang kehidupan di suatu negara, terutama di bidang perekonomian. Pentingnya peranan pemerintah ini lebih ditekankan di era globalisasi, hal ini dikarenakan peran swasta mendominasi masyarakat. Fungsi pemerintah sebagai regulasi dibutuhkan untuk menjamin kompetisi yang lebih sehat di kalangan swasta yang bertarung keras dalam kegiatan ekonomi. Pebisnis perlu rambu-rambu yang jelas dalam kegiatannya sehingga tidak kehilangan arah dalam arus perubahan global yang berlangsung cepat.

Peranan pemerintah ini dirasa sangat perlu terutama bagi pengusaha yang mengelola UKM. Hal ini mengingat negara kita tidak menganut sistem perekonomian liberalisme, maka dari pemerintah berperan sebagai pengatur agar perkonomian negara kita terhindar dari monopolistis pengusaha bermodal besar. Selain itu juga pemerintah berperan untuk melindungi yang lemah dari tekanan yang kuat dengan menyatukan diri dengan komitmen saling membantu.

Proses globalisasi mempercepat pula langkah privatisasi dalam bidang ekonomi banyak negara. Kegiatan ekonomi di masa sekarang ini semakin berada dalam kendali dan kepemilikan swasta. Badan-badan usaha yang dulu berada di bawah kendali dan kepemilikan negara umumnya mengalami proses privatisasi. Tuntutan percepatan privatisasi di banyak negara tidak hanya karena dampak langsung proses liberalisasi dan globalisasi ekonomi, tetapi juga karena badan usaha yang berada dalam pengelolaan negara cenderung kurang efisien dan efektif. Hambatan birokratis membuat biaya tinggi dan mendatangkan kerugian. Pemerinth yang sudah memegang kendali kekuasaan mudah pula tergoda menyalahgunakannya dengan melakukan kolusi dan korupsi, maka privatisasi diyakini sebagai bentuk jalan keluar. Di era globalisasi sekarang ini pemerintah dilepaskan dari berbagai tanggung jawab mengelola langsung perusahaan atau badan usaha, tetapi posisi dan perannya sebagai regulator justru meningkat tajam. Pemerintah yang kuat dan efektif tidak lagi diukur dari kemampuan melakukan intimidasi, tetapi lebih pada kredibilitas dan kewibawaan menegakkan keadilan, memberantas korupsi, menjamin supremasi hukum, perlindungan hak asasi, dan proses demokratisasi. Dan yang tidak kalah pentingnya juga adalah bagaimana cara pemerintah mendorong agar tercipta lingkungan perekonomian yang kondusif sehingga memungkinkan proses kreativitas masyarakat dapat berkembang baik. Karena tanpa adanya lingkungan perekonomian yang kondusif, investor asing pun enggan datang menanamkan modalnya.

Peranan pemerintah dalam perekonomian dapat diibaratkan sebagaimana halnya dengan seorang pimpinan rumahtangga akan melakukan berbagai upaya untuk mempertahankan kondisi posisi keseimbangan sistem perekonomian. Terutama di era globalisasi ini pemerintah lebih dituntut untuk dapat memonitor perkembangan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat agar berjalan sesuai dengan asas yang dianut oleh negara kita sehingga tidak di dominasi oleh pengusaha bermodal besar.

Demikian uraian mengenai perlunya peranan pemerintah untuk melindungi peranan usaha terutama usaha kecil menengah ini saya terangkan, semoga dapat berguna dan menjadi masukkan bagi pembaca.

Sumber : https://write.as/danuaji88/education-is-one