Bisnis Kertas Recycle

Bisnis Kertas Recycle

Bisnis Kertas Recycle

Bisnis Kertas Recycle

Penggunaan kertas di daerah perkantoran masih sangat tinggi karena belum ada barang lain yang dapat menggantikan fungsi kertas. Kertas-kertas yang telah digunakan biasanya dibuang begitu saja dan akhirnya hanya akan menjadi sampah, karena nilai dari kertas tersebut berkurang karena sudah menjadi kotor, terisi tulisan atau gambar lain, dan sudah tidak dapat digunakan. Penggunaan kertas dapat dikurangi dengan cara menggunakan kertas secara efisien, seperti mencetak secara bulak-balik pada kertas dengan jenis huruf, besar huruf, dan besar spasi yang sudah disesuaikan agar mendapatkan penggunaan kertas yang maksimal. Walaupun penggunaan kertas telah dikelola secara efisien, perkantoran, sekolah dan lainnya tetap menghasilkan sampah kertas yang sangat besar. Karena itu daur ulang sampah kertas ini sangat dibutuhkan untuk menambah nilai dan daya guna kertas itu sendiri. Hal ini dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan bagi sebagian orang karena bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar tetapi hanya memerlukan daya kreatifitas individu.

Kertas yang di daur ulang biasanya dijadikan bahan kerajinan tangan, bahan yang digunakan antara lain:

  • Kertas Bekas
  • Pewarna Alam
  • Lem Kayu

Pembuatan kertas daur ulang ini tidak memerlukan bahan lain yang berharga mahal. Dapat dilihat di atas bahwa bahan pewarna yang digunakan adalah pewarna-pewarna alami yang harganya murah bahkan bisa didapatkan secara cuma-cuma. Selain menambah pemasukan pengolahan kertas daur ulang ini memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar kita karena sampah kertas berkurang dan pengolahannya tidak menimbulkan sampah dan limbah lain yang membahayakan lingkungan. Pengolahan kertas skala kecil ini membantu berkurangnya sampah secara berkala walaupun tiap industri tidak memerlukan sampah kertas yang banyak, penggunaan kertas yang berasal dari kayu murni untuk kerajinan tangan pun berkurang secara drastis karena kertas daur ulang ini lebih menarik daripada kertas yang terbuat dari kayu murni.

Di dalam membuat kertas daur ulang, bahan-bahan yang bisa di gunakan ada dua jenis yaitu dari limbah kertas dan tanaman hasil pertanian atau tanaman-tanaman non produktif.
Daur ulang kertas adalah salah satu upaya pemanfaatan kembali sampah kertas untuk mengurangi timbunan sampah.

Daur Ulang Kertas

Cara Membuat :

  1. Robek kertas bekas menjadi bentuk kecil-kecil dan rendam didalam air selama 1 hari
  2. Blender kertas sampai menjadi bubur (halus)
  3. Tuang kedalam Baskom yang berisi air dan aduk
  4. Letakkan Spons di atas meja, lalu taruh kain yang sudah dibasahi diatasnya
  5. Saring campuran (jangan terlalu tebal) di baskom memakai screen sablon
  6. Letakan diatas spons yang sudah dilapisi kain dengan posisi terbalik, gosok sedikit screennya dan angkat dengan hati-hati
  7. Tutup dengan kain yang sudah dibasahi. tambah satu lapis lagi kain basah, ulangi langkah 5 dan 6
  8. Sesudah beberapa lapis press dengan menaruh papan besar diatasnya dan beri pemberat (Batako atau Batu)
  9. biarkan selama sekitar1 jam agar airnya berkurang. sebelum diangkat pastikan sudah cukup kering. angkat sepasang demi sepasang dan jemur ditempat yang panas. lalu setrika sepasang demi sepasang kemudian buka kainnya pelan-pelan.

Contoh barang yang bisa dibuat dengan kertas Daur Ulang.

  • Kertas untuk menggambar karya seni
  • Undangan, amplop, map, dll . kertas daur ulang juga bagus sekali untuk ditempel diatas karya-karya yang bisa anda bikin dari karton.
  • kotak kado, kertas kado, kartu lebaran dan ulang tahun.
  • Frame pas foto, dsb.

Proses pendaur ulang kertas adalah jenis pekerjaan yang mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi, kertas hasilnya bisa di buat beraneka ragam jenis barang, baik sebagi pelapis, maupun sebagai bahan utama. Selain itu pendauran ulang kertas adalah merupakan salah satu solusi dalam pengolahan limbah atau sampah kertas, dari nilai yang tidak ekonomis dirubah mejadi nilai yang mempunyai harga jual. tentunya proses daur ulang kertas ini adalah proses daur ulang yang ramah lingkungan. Selain itu, proses daur ulang kertas ini juga dapat meningkatkan dan menimbulkan daya kreatifitas serta dapat juga menjadi sumber penghasilan yang baru bagi masyarakat.

Demikian uraian mengenai bisnis kertas daur ulang yang dapat saya terangkan. Semoga segala informasi yang coba saya berikan dapat menjadi sumber inspirasi bagi anda untuk memulai bisnis dengan cara yang baru dan berbeda dari biasanya.

Sumber : https://write.as/danuaji88/examples-of-explanatory-texts