SOLUSI MENGATASI ANAK MALAS BELAJAR

SOLUSI MENGATASI ANAK MALAS BELAJAR

Apabila telah diketahui penyebab anak malas belajar, jajaki ikuti sejumlah tips menanggulangi anak malas belajar inilah ini:

Buat pekerjaan belajar menjadi kegiatan yang gembira dan menyenangkan untuk anak

Apabila anak belajar dengan perasaan tulus dan gembira, ia lebih gampang menyerap pelajaran yang diajarkan. Misalnya, andai ia senang menggambar, ajak dulu ia menggambar baru lantas mengajak belajar supaya suasana hatinya ceria saat belajar.

Terus menyerahkan motivasi positif

Tanamkan dalam benak anak bahwa ia mampu melakukan atau mempelajari sesuatu. Dampingi dan ingatkan anak dengan pertanyaan-pertanyaan menstimulasi minatnya pada latihan seperti: “Nak, kini kita belajar apa?”, “Mengapa sih saya dan anda butuh mempelajari itu, sayang?”, atau “Bagaimana teknik mempelajarinya, kak?”

Mengajak anak aktif bertanya

Metode yang paling gampang namun efektif guna belajar ialah aktif bertanya. Ajari ia guna aktif bertanya yang baik secara detail untuk guru, rekan sekolah maupun orang tua supaya lebih mengetahui apa yang dipelajari.

Mengatur masa-masa belajar yang efektif

Ibu, belajar pun menguras tenaga dan benak lho! Makanya, sebisa barangkali waktu belajar terjadwal secara berkala. Misalnya, masa-masa belajar tidak berbenturan dengan masa-masa bermain atau masa-masa istirahat anak.

Perhatikan kondisi jasmani dan psikis anak apakah ia telah dalam situasi siap belajar?

Anak dalam situasi siap belajar andai keadaan jasmani dan psikis dalam situasi segar, bebas dari rasa lelah, mengantuk, rasa lapar, gangguan penyakit, rasa marah dan sebagainya. Waktu terbaik guna belajar dapat dipilih cocok jadwal teratur atau contohnya mulai pukul 19.00, ketika anak selesai santap malam.

Sumber : https://www.tuugo.fr/Redirect?nextPage=http%3A%2F%2Fwww.pelajaran.co.id