SMKN 2 Sudah Bersertifikasi LSP

SMKN 2 Sudah Bersertifikasi LSP

SMKN 2 Sudah Bersertifikasi LSP
SMKN 2 Sudah Bersertifikasi LSP

SMK Negeri 2 Kota Bogor terus mendorong mutu dan kualitas pendidikan

. Salah satunya dengan mengikuti sertifikasi di Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

Kepala SMKN 2 Kota Bogor, Joko Mustiko, mengatakan, pihaknya telah mengantongi sertifikat LSP untuk bersaing di era globalisasi. Sertifikasi ini penting guna meningkatkan profesionalisme dan kualitas lulusan SMK.

“Badan Sertifikasi Nasional Pendidikan (BSNP) telah meluncurkan program pendidikan

bagi guru produktif untuk dididik dan dilatih menjadi asesor yang punya kualifikasi sebagai penguji dalam uji sertifikasi,” jelasnya. Begitu pentingnya program ini, maka banyak SMK yang memiliki asesor dan telah menyelenggarakan uji sertifikasi kepada peserta didik dengan memperoleh sertifikat uji kompetensi berlambang garuda.

“Di sisi lain tingkat kepercayaan dunia usaha dan industri semakin tinggi pada kemampuan lulusan SMK yang telah diuji melalui LSP, sehingga untuk level SMK semua harus mengarah ke sana,” bebernya. Menurut dia, program sertifikasi ini tak akan berjalan tanpa bantuan pemerintah, terutama dalam hal pembiayaan.

“Proses diklat memerlukan biaya kurang lebih Rp3 juta sampai Rp4 juta. Setelah itu, sekolah

juga harus mempersiapkan tempat ujian yang layak serta memenuhi persyaratan sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK),” bebernya. Selain itu, Joko mengatakan bahwa materi ujian harus memenuhi standar tuntutan dunia usaha dan industri. “Ini tantangan sekaligus tuntutan dunia SMK untuk bisa menjawab pengangguran dan membangkitkan jiwa berwira usaha (enterpreneur),” tandasnya

 

Baca Juga :