PERAN IBU TUMBUHKAN SI KECIL HEBAT

PERAN IBU TUMBUHKAN SI KECIL HEBAT

Beberapa urusan yang dapat dilakukan ibu guna menumbuhkan si kecil hebat, yang cepat tanggap dan mempunyai rasa peduli ialah sebagai berikut:

1. Bantu anak mengenali emosi yang dialami dan pemicunya

Si Kecil yang belum dapat mengenali dan mengisahkan perasaannya ingin mengekspresikan diri dengan teknik yang tidak cukup tepat, laksana memukul, melempar barang, menggigit, dan lainnya. Sebelum anak dapat bercerita secara verbal mengenai apa yang mereka rasakan, ibu perlu tolong mereka dalam mengidentifikasi emosi apa yang dirasakan. Misal ketika anak melempar barang saat diminta menyudahi permainannya, orangtua dapat katakan, “Kakak kesal ya masih hendak main tapi telah harus ditamatkan karena waktunya mandi.”

2. Ajari anak cara-cara meregulasi emosi, khususnya emosi negatif

Ketika anak sudah dapat mengenali emosi yang dialami serta mengekspresikannya secara verbal, maka bakal lebih gampang pula untuk anak guna meminta pertolongan Ibu dalam menuntaskan perasaan negatifnya tersebut. Ajari anak sejumlah hal yang dapat mereka kerjakan untuk mendinginkan diri, contoh dengan memeluk, bernyanyi, menata napas, melempar bola atau menghancurkan balok yang memang telah disediakan sebagai sarana pelampiasan rasa marah yang aman.

3. Ajak anak mengenali emosi dan situasi yang sedang dirasakan orang lain

Melalui kitab cerita atau film atau kejadian yang terjadi di lingkungan sekitar, Ibu dapat melatih keterampilan anak berempati, mengenali apa yang sedang dirasakan orang beda serta memahami situasi tersebut. Misalnya saat sedang bermain di taman dan menyaksikan ada anak yang jatuh dari perosotan kemudian menangis. Ibu dapat mengajak anak diskusi dengan pertanyaan-pertanyaan laksana “Itu temannya menangis mengapa ya? Kira-kira bila kamu merasakan apa yang dirasakan dia, apa yang anda butuhkan untuk dapat merasa lebih baik?” Dengan menciptakan anak peka terhadap situasi orang lain diinginkan kesadaran dan kemauan anak untuk menolong orang beda pun bakal meningkat. Jangan tak sempat berikan pujian saat anak dapat secara nyata menolong orang lain.

4. Jadi panutan

Children see, children do. Ya, Si Kecil belajar sangat baik dan sangat cepat dengan meniru orang lain. Ketika yang dilihat bertolak belakang antara perkataan dan perilaku, seseorang akan ingin meniru apa yang terlihat, bukan apa yang didengar. Tumbuhkan Si Kecil menjadi cepat tanggap dan mempunyai rasa peduli dibuka dari ibu yang pun menampilkan perilaku cepat tanggap dan mempunyai rasa peduli terhadap orang beda dan lingkungan.

Si Kecil Hebat yang memiliki kepintaran emosional berupa cepat tanggap dan peduli pada lingkungan sosial akan menolong dirinya nanti dalam bersosialisasi, terutama saat sudah menginjak usia sekolah dasar. Tuntutan lingkungan yang lebih tinggi, khususnya secara akademik, bakal lebih dapat diatasi oleh Si Kecil saat dalam kesehariannya perilaku yang ditimbulkan tidak hanya dikuasai oleh emosinya. Menumbuhkan kepintaran emosional semenjak dini, didampingi pula dengan menumbuhkan kepintaran intelektualnya, akan menolong Si Kecil menghadapi kendala di ke depannya.

Sumber : https://www.tonstudio-forum.de/wcf/acp/dereferrer.php?url=http%3A%2F%2Fwww.pelajaran.co.id