Pengertian Umum Pasar Persaingan Tidak Sempurna dan juga Ciri-Cirinya

Pengertian Umum Pasar Persaingan Tidak Sempurna dan juga Ciri-Cirinya

Pasar atau market merupakan sebuah daerah bertemunya pembeli bersama dengan penjaja kegunaan laksanakan transaksi ekonomi yaitu untuk menjual atau membeli suatu barang dan jasa atau sumber daya ekonomi dan beraneka faktor memproses yang lainnya.
Pengertian kompetisi adalah proses sosial yang melibatkan individu atau grup yang saling berlomba dan berbuat sesuatu untuk raih kemenangan tertentu.

Secara umum pasar kompetisi tidak sempurna merupakan pasar di mana terkandung satu atau lebih dari satu penjaja yang menguasai pasar atau harga, dan juga satu lebih dari satu pembeli yang menguasai pasar atau harga. Pasar kompetisi tidak sempurna adalah suatu bentuk pasar yang tidak terorganisisr secara sempurna atau dapat juga disebut sebagai bentuk pasar yang kehilangan satu atau lebih tanda-tanda yang dimiliki oleh pasar kompetisi sempurna. Karena dalam pasar kompetisi tidak sempurna peran berasal dari pembeli dan penjaja hilang mereka tidak mempunyai keleluasaan untuk memutuskan atau memilih harga suatu produk. Pasar kompetisi tidak sempurna mempunyai lebih dari satu ciri, antara lain :
Jumlah penjaja yang ada sangatlah terbatas.
Jumlah pembeli di dalamnya banyak.
Sulit untuk masuk ke dalam pasar gara-gara banyak hambatan dan masalah di dalamnya.
Produk yang beredar di pasar atau yang diperjualbelikan berupa homogen atau satu type saja dan juga tidak adanya produk pengganti atau substitusi.
Pihak yang berkuasa bebeas dan leluasa memainkan harga dan pihak lain hanya dapat menuruti dan ikuti keputusan yang ada.
Dalam pasar kompetisi tidak sempurna terkandung lima bentuk pasar, yaitu pasar monopoli, pasar monopolistik, pasar oligopoli, pasar monopsoni dan pasar oligopsoni. Selanjutnya kita bakal membahas satu per satu bentuk pasar tersebut.

Adanya beraneka pihak yang menguasai pasar atau harga melahirkan keberagaman bentuk-bentuk pasar kompetisi tidak sempurna. Secara umum, jenis-jenis atau bentuk-bentuk pasar kompetisi tidak sempurna antara lain dibahas berikut ini. .
Pasar Monopoli : Monopoli berasal berasal dari kata mono yang artinya satu dan poli yang artinya penjual. Pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar dimana hanya terkandung satu penjaja yang menguasai pasar dan tidak ada barang pengganti.
Pasar Oligopoli : Pasar oligopoli adalah suatu pasar dimana penawaran satu type barang dikuasai oleh lebih dari satu perusahaan. Contohnya produk batu baterai, pasta gigi, sabun mandi, air minum mineral, sepeda motor, accu, ban mobil/sepeda motor.
Pasar Monopolistis : Pasar monopolistis adalah suatu bentuk pasar dimana terkandung banyak produsen yang membuahkan barang bersama dengan type yang berbeda.
Pasar Oligopsoni : Oligopsoni adalah suatu suasana pasar dimana terkandung lebih dari satu pembeli. Masing-masing pembeli membawa peran lumayan besar untuk memengaruhi harga barang yang dibelinya.
Ciri-ciri kompetisi tidak sempurna antara lain sebagai berikut.
Hanya ada satu orang penjaja
Terdapat banyak pembeli
Produk untuk pasar monopoli tidak mempunyai barang pengganti(substitusi) yang dekat
Adanya hambatan untuk masuk ke dalam pasar
Barang yang diperdagangkan homogen
Penjual dapat memainkan harga namun pembeli hanya menurut saja.
Demkianlah artikel singkat Pengertian Pasar Persaingan Tidak Sempurna, beserta Ciri-Cirinya. semoga berguna bagi kita semua. sekian dan terima kasih.

baca juga :