Pengertian Penalaran

Pengertian Penalaran

Pengertian Penalaran
Pengertian Penalaran

 Dalam menjalani kehidupan, kita sering menghadapi masalah dan sebagai salah satu ciptaan-Nya yang memiliki akal & pikiran pastinya kita dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Salah satu cara penyelesaian masalah yang dapat dilakukan yakni berdasarkan dengan logika ataupun perasaan. Metode penyelesaian masalah dengan mengandalkan logika salah satunya adalah penalaran. Oleh karena itu topik pembahasan yang akan saya coba ulas adalah tentang pengertian penalaran.

            Dari beberapa sumber referensi tentang pengertian penalaran yang saya baca, maka dapat saya simpulkan bahwa Penalaran adalah suatu proses akal / pikiran kita dalam berpikir untuk menarik sebuah atau beberapa kesimpulan yang berupa fakta serta pengetahuan. Dalam penalaran, proposisi (pernyataan berupa kalimat penuh dan bernilai benar / salah) yang dijadikan dasar penyimpulan disebut dengan premis dan hasil kesimpulannya disebut dengan konklusi. Hubungan antara premis dan konklusi disebut konsekuensi.

            Berikut ini contoh premis serta konklusinya yang saya kutip dari suatu sumber Contoh:

Semua sapi adalah binatang                             (premis)

Semua binatang adalah makhluk hidup           (premis)

Semua makhluk hidup akan mati                    (konklusi)

Jadi, menurut logika formal dapat ditarik kesimpulan, yaitu: semua sapi akan mati.

            Kesimpulannya adalah penalaran akan selalu ada dalam setiap kita akan mengambil keputusan karena penalaran sangat melibatkan fakta yang jelas-jelas ada. Sedangkan di dalam penalaran terdapat 2 macam, yakni penalaran induktif & penalaran deduktif. Kedua macam penalaran itulah yang akan saya bahas pada postingan blog berikutnya.

Sumber : https://downloadapk.co.id/