Spesifikasi Toyota Veloz

Toyota Avanza Veloz secara resmi tiba di Indonesia pada 9 November 2011 bertepatan dengan peluncuran All New Avanza. Ketika New Toyota Avanza diluncurkan, Veloz mengusung mesin 1,5 liter dengan konsep desain yang dinamis, sporty dan modern sehingga model ini akan menjadi jajaran Grand New Avanza tertinggi.

Sejalan dengan perkembangan pasar, Avanza dan Veloz memiliki segmen mereka. Konsumen Avanza adalah mereka yang ingin memiliki kendaraan multi-guna keluarga yang luas, agresif, hemat bahan bakar, elegan dan berkualitas tinggi. Sedangkan untuk mobil Veloz, selain yang ada di Avanza, mereka menginginkan kendaraan sport. Awalnya, Veloz lahir dari varian baru Avanza untuk memperluas segmen pasar. Pasalnya, segmen Veloz yang berbeda kini menjadi varian terpisah dari Avanza.

Spesifikasi Toyota Veloz

Pada 12 Agustus 2015, generasi kedua Veloz, Grand New Veloz, hadir, dengan perubahan pada interior, eksterior, warna, dan mesin baru. Untuk kepuasan pelanggan, Grand New Veloz sekarang memiliki jajaran baru, yaitu Veloz 1.3L dengan dua varian gearbox manual dan otomatis. Dengan kedatangan barisan baru, Grand New Veloz sekarang memiliki 2 pilihan, 1,3 L dan 1,5 L.

Veloz tua
Grand New Veloz
Veloz 1,5 L
Grand New Veloz 1.3 L * Baru

Grand New Veloz 1.5 L

Sebelumnya, Veloz hanya memiliki 3 pilihan warna, yaitu Black Metallic, Silver Mica Metallic dan White (White), pada generasi baru ini Grand New Veloz mendapatkan warna baru, Dark Red Mica Metallic sehingga total warna adalah 4.

Veloz tua
Grand New Veloz
warna
kode
warna
kode
Hitam metalik
X12
Hitam metalik
X12
Silver M.M
1E7
Silver M.M
1E7
putih
W09
putih
W09

M.M Merah Tua * Baru
3Q3

Dimensi Ghent New Veloz memiliki dimensi yang lebih panjang daripada Grand New Avanza yaitu 4.200 mm sedangkan Grand New Avanza memiliki panjang 4.190 mm. Untuk dimensi lain seperti lebar, tinggi, ketinggian dari tanah memiliki dimensi yang sama.

Grand New Veloz 1.3 L sesuai namanya menyarankan tipe ini mengusung mobil dengan kapasitas 1.300 liter atau 1.329 cc. Mesin yang digunakan adalah mesin baru, yaitu 1NR-VE dengan tipe IL, 4-silinder DOHC 16 V, Intelegent (VVT-i) dengan variable double valve. Tenaga maksimum mesin ini adalah 96,5 / 6000 PS / RPM dengan torsi maksimum 12,3 / 4200 Kgm / RPM. Veloz 1.3 L tersedia dalam dua transmisi, yaitu manual dengan 5 kecepatan M / T dan otomatis dengan 4 kecepatan A / T super ECT.

Untuk memudahkan mengemudi, semua tipe dilengkapi dengan power steering listrik dan ETCS-i (Drive By Wire). Kenyamanan perjalanan di Grand New Avanza Veloz 1.3 didukung oleh pegas di roda belakang dan depan dengan peningkatan, sehingga lebih baik daripada Veloz generasi sebelumnya. Untuk roda depan yang menggunakan Machperson Strut dengan pegas heliks (penyegaran baru lebih nyaman) dan untuk roda belakang yang menggunakan 4 tautan dengan batang samping dan pegas heliks.

Eksterior Grand New Veloz 1.3 L
Semua jenis Grand New Veloz memiliki desain baru di luar, di depan yang menggunakan model atau konsep trapesium, desain ini juga telah digunakan pada mobil Toyota sebelumnya seperti All New Yaris, Vios dan New Camry. Fitur ini sekarang menjadi ciri khas desain panggangan mobil Toyota.

Proyektor Grand New Veloz menggunakan halogen multi-reflektor dengan desain baru. Untuk membantu pencahayaan malam, dilengkapi dengan lampu kabut (fog light) dengan daftar krom tambahan di tepi atas tepi. Bumper depan Grand New Veloz juga dibuat dengan teknologi aerodinamis.

Toyota Grand New Veloz 1.3 L Tampak belakang

Veloz 1.3 lateral dilengkapi dengan cermin dengan warna yang mirip dengan bodi dan dilengkapi dengan fungsi penyesuaian listrik dan indikator arah atau indikator arah.

Untuk bagian belakang desain Veloz semua jenis hampir sama dengan yang digunakan di Grand New Avanza atau bahkan di Veloz 1.5, perbedaannya adalah untuk Veloz 1.3 di Back Door Garnish yang menggunakan warna chrome gelap. Untuk emblem di Veloz 1.3 hanya baca Veloz sedangkan untuk tipe 1.5 ini memiliki tulisan 1,5 tambahan di depan Veloz.

Dimensi ban dan pelek yang digunakan pada Veloz 1.3 sama dengan Veloz 1.5 tetapi dengan desain yang berbeda. Ukurannya 185/65 R15 (desain baru).

Interior Grand New Veloz 1.3 L
Warna keseluruhan Veloz 1.3 didominasi oleh warna hitam dari dashboard dan kursi penumpang. Ada warna lain seperti di Grand New Avanza tipe G yang ditemukan di unit audio, di dashboard listd, di roda kemudi, di perumahan porselen dan di kenop pintu.

Audio yang digunakan pada Veloz 1.3 sama dengan yang digunakan pada Avanza tipe 1.3 G, yang lengkap dengan 2 DIN, CD, AM / FM, USB, AUX, BLUETOOTH dan fungsi iPod Ready.

Fitur keamanan Grand New Veloz 1.3 L
Fungsi ini persis sama dengan Grand New Avanza 1.3 G dengan fungsi keselamatan kendaraan yang akrab, immobilizer.

Untuk estetika dan perlindungan pintu dari kemungkinan lecet dilengkapi dengan fitur Side Impact Beam. Bagian dalam sabuk pengaman juga dilengkapi dengan fungsi keselamatan di semua bangku. Untuk bangku Baris 1 dilengkapi dengan 3-titik ELR x 2 + pretensioner dan force limiter, untuk garis pengaman 2 di sebelah kanan, kiri dengan 3-titik ELR x 2 + tengah: ELR 3-titik x 1 dan di bangku baris ketiga untuk sabuk pengaman yang dilengkapi dengan 3-point ELR x 2. Khususnya untuk kursi depan dilengkapi dengan pengingat untuk sabuk pengaman penumpang. Fungsi peringatan pada penumpang dan pengemudi.

Keamanan anak saat bepergian juga menjadi prioritas dengan menambahkan fungsi ISOFIX ke Grand New Veloz 1.3 dan semua jenis Veloz. fungsi ini merupakan tambahan untuk penempatan bangku khusus untuk anak-anak atau bayi di bangku baris kedua.

sumber : toyota lampung