Pengertian Budidaya Manfaat,Arti dan Contoh Budidaya

Memahami kultivasi adalah

Ringkasan
Apa yang dimaksud dengan kultivasi? Secara umum, definisi budidaya adalah kegiatan yang direncanakan dalam menjaga sumber daya hayati di suatu area lahan untuk kepentingan / hasil panen.

Pendapat lain menyatakan bahwa gagasan budidaya adalah kegiatan terencana untuk memelihara dan memelihara tanaman atau hewan. Kultivasi bertujuan untuk tetap berkelanjutan dan dapat memperoleh hasil yang bermanfaat dan berguna untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Beberapa jenis sumber daya hayati yang sering ditanam adalah produk tanaman seperti tanaman pangan, tanaman hias, berbagai jenis sayuran, ayam, sapi dan ikan. Kegiatan budidaya harus menghasilkan produk yang memenuhi kebutuhan manusia sehari-hari dan menghasilkan keuntungan bagi petani.

 

Keuntungan kultivasi

Budidaya buah naga melalui kabarpapua.co
Profesi yang identik dengan kegiatan budidaya adalah petani dan peternak. Petani biasanya menanam tanaman pangan, sayuran, buah-buahan dan tanaman hias. Sementara peternak memelihara hewan seperti sapi, ayam, domba, kambing dan berbagai jenis ikan air tawar.

Melalui kegiatan budaya ini, petani dan peternak dapat membeli dan menjual produk budidaya untuk mendapatkan keuntungan. Mengacu pada pengertian budidaya, adapun beberapa manfaat atau kegunaan yang bisa didapat dari budidaya adalah sebagai berikut:

Dapatkan manfaat baik dari segi ekonomi dan untuk konsumsi sebagai makanan.
Bertujuan untuk mencapai hasil maksimal dari produksi berkualitas tinggi.
Tingkatkan kesejahteraan masyarakat dengan membuka pekerjaan baru di bidang budidaya.
Kegiatan budaya dapat digunakan sebagai cara untuk mengelola sumber daya alam secara lebih optimal.
Budidaya tanaman membantu menciptakan udara yang lebih bersih dan lingkungan yang lebih dingin.
Baca juga: Definisi pertanian

Contoh budidaya

Budidaya kambing melalui angon.id
Sesuai dengan pengertian budidaya seperti dijelaskan di atas, dalam praktiknya ada beberapa contoh budidaya misalnya:

1. Budidaya tanaman pangan
Seperti namanya, kegiatan budidaya ini bertujuan untuk menghasilkan produk makanan utama seperti yang menghasilkan karbohidrat dan protein. Banyak orang menanam jenis budidaya ini karena hasilnya sangat berguna bagi kehidupan dan nilai ekonomi.

Budidaya tanaman pangan adalah yang paling menguntungkan dibandingkan dengan jenis budidaya lainnya. Beberapa contohnya;

Budidaya padi
Budidaya jagung
Budidaya kacang
Budidaya biji-bijian
Budidaya singkong
Budidaya ubi jalar
Dll

2. Budidaya sayuran
Budidaya sayuran bertujuan untuk menghasilkan makanan menggunakan sumber daya tanaman yang ditanam.

Biasanya hasil produksi dari budidaya tanaman tanaman ini akan menghasilkan berbagai jenis tanaman yang dapat dikonsumsi. Beberapa dari mereka adalah:

Sayuran Bayam
Bayam sayur
Seledri sayuran
Kubis sayur
Selada sayur
Dll

3. Budidaya buah
Selain menanam sayuran, ada juga banyak petani yang menanam tanaman buah. Hasil budidaya ini biasanya menghasilkan buah segar yang cocok untuk dijual.

Ada banyak jenis buah yang sering ditanam saat ini. Beberapa dari mereka adalah:

Buah jambu biji
Buang anggur
Buah naga
Buah sitrus
melon
mangga
apel
Dll

4. Akuakultur
Akuakultur adalah kegiatan pemeliharaan dan pemuliaan untuk beberapa jenis ikan untuk mendapatkan hasil yang lebih bermanfaat. Biasanya ada dua jenis ikan yang ditanam, yaitu ikan hias dan ikan yang cocok untuk dikonsumsi, termasuk:

ikan lele
Ikan Mujahir
ikan merah
nila
karper
Dll
Tidak hanya terbatas pada spesies ikan tetapi ada juga banyak organisme akuatik lainnya yang dibudidayakan oleh petani seperti udang, moluska atau tanaman air lainnya.

5. Peternakan
Peternakan adalah kegiatan pemeliharaan dan pemuliaan ternak untuk menghasilkan manfaat dan manfaat lainnya. Beberapa jenis ternak yang banyak dikembangkan di masyarakat Indonesia antara lain:

ternak
Sapi kerbau
Pemuliaan kambing
domba
Ternak ayam
Dll

Sumber : rumus guru