Makalah Materi dan Pembelajaran Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia dan Semangat Kebangsaan

Makalah Materi dan Pembelajaran Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia dan Semangat Kebangsaan

Makalah Materi dan Pembelajaran Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia dan Semangat Kebangsaan – Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari berbagai suku bangsa di dalamnya, bersatu padu membangun sebuah bangsa yang bermartabat untuk membangun Indonesia yang berdaulat, aman, sejahtera dan adil makmur layaknya yang dicita-citakan oleh para founding father.

Indonesia diproklamirkan kemerdekaannya pas pada tanggal 17 agustus 1945 oleh Ir. Soekarno dan Drs. Moh Hatta. di jalan pegangsaan timur jakarta dan disaksikan oleh segenap susunan penduduk Indonesia, yang udah sejak lama merindukan suatu kemerdekaan.

Sejarah bangsa Indonesia menarik untuk kita kaji sebagai bekal keilmuan dan meningkatkan wawasan kebangsaan betapa luar biasa para pendahulu kita bersama segenap jiwa raga di dalam memperjuangkan kemerdekaan dan sesudah itu menjaga kemerdekaan Indonesia.

Kita sebagai generasi penerus bangsa udah sewajarnya untuk isi kemerdekaan ini bersama hal-hal positif yang cocok bersama amanat leluhur bangsa Indonesia yang menghormati tinggi persatuan dan kesatuan, toleransi antar umat beragama, tenggang rasa, dan melindungi martabat bangsa.

Pembahasan sejarah perjuangan bangsa Indonesia ini dikaji secara komprehensif di dalam sebuah makalah yang udah disusun oleh teman-teman mahasiswa jurusan pgmi kelas ivc iain ponorogo th. 2019 kala ikuti mata kuliah materi dan pembelajaran pkn di mi/sd.

Para penulis makalah diantanya adalah Musarofah, Lutfi Nurli Laili, Rina Safitri, Lukdhatul Mukaromah, Maharani Eka Saputri, dan Binti Sa’adah.

Makalah ini terdiri dari 12 halaman, yang memadai singkat, dan format penulisan makalah udah lengkap struktur/susunannya, dan juga substansi makalah udah bagus, agar mampu dijadikan misal penulisan makalah yang baik dan benar bagi kawan baik sekalian.

Judul Makalah
Materi dan Pembelajaran Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia dan Semangat Kebangsaan

Bab I Pendahuluan
A.Latar Belakang
Indonesia mengukir kisah perjuangan yang panjang di dalam perjalanannya. Kemerdekaan yang didapatkan sekarang ini bukanlah semudah membalikkan telapak tangan. Bangsa Indonesia dijajah oleh negara lain selama berabad lamanya. Penjajahan terlama dijalankan oleh Belanda. Belanda menjajah Indonesia selama kurang lebih 350 tahun.

Berbagai faktor yang melandasi penjajahan Belanda di Indonesia, salah satunya adalah motif berdagang yang berubah bersamaan bersama permintaan untuk berkuasa. Berbagai konflik yang terjadi bersama penguasa sebelumnya, yakni Inggris dan Portugis menghadirkan persaingan. Persaingan yang direalisasikan bersama adanya suasana perdagangan yang merugikan Bangsa Indonesia.

Tugas Pkn, terlebih di dalam mengembangkan pendidikan demokrasi, adalah mengembangkan kecerdasan warga negara (civic intelligence), tanggung jawab warga negara (civic responsibility) dan partisipasi warga negara (civic participation). Kecerdasan warga negara yang dikembangkan untuk membentuk warga negara yang baik bukan cuma di dalam dimensi rasional melainkan terhitung di dalam dimensi spiritual, emosional dan sosial.

Sejarah perjuangan bangsa dan motivasi kebangsaan suatu bangsa dapat tetap dipelajari, dipelihara dan diwariskan dari generasi ke generasi berikutnya. Hal ini dapat dijalankan oleh bangsa manapun karena bila suatu bangsa tidak menyadari sejarah bangsanya sendiri, maka bangsa selanjutnya dapat kehilangan arah kehidupan menuju era depan.

B.Rumusan Masalah
1.Bagaimana Perjuangan Bangsa Indonesia melawan penjajah?
2.Bagaimana Persiapan Kemerdekaan Indonesia dan Perumusan Dasar Negara?
3.Bagaimana Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia?

C.Tujuan
1.Agar menyadari bagimana perjuangan bangsa indonesia melawan penjajah
2.Agar menyadari bagaimana persiapan kemerdekaan indonesia dan perumusan dasar negara
3.Agar menyadari bagaimana perjuangan menjaga kemerdekaan indoneia.

Bagi kawan baik yang mengidamkan mengunduh makalah ini secara lengkap, silahkan mampu klik download pada link selanjutnya ini. Pastikan jika mengidamkan mengutip isi di dalam makalah untuk melampirkan sumber nya yakni para penulis makalah sebagai rasa terimakasih atas karyanya. Selamat mengerjakan tugas sahabat.

Sumber : https://www.biologi.co.id/6-ciri-ciri-makhluk-hidup/

Baca Juga :