Makalah Keragaman Sosial Budaya Masyarakat Indonesia dan Kebanggaan sebagai Bangsa Indonesia

Makalah Keragaman Sosial Budaya Masyarakat Indonesia dan Kebanggaan sebagai Bangsa Indonesia

Makalah Keragaman Sosial Budaya Masyarakat Indonesia dan Kebanggaan sebagai Bangsa Indonesia – Hai all, jumpa lagi di blog kawan akrab geografi, blog seputar dunia pendidikan dan kabar berita terkini nasional. Semoga kawan akrab senang datang dan baca post di blog ini. Jangan lupa klik puas dan follow akun sosial media ya agar enteng memperoleh update artikel terbaru.

Dalam kesempatan kali ini admin blog kawan akrab geografi bakal share seputar contoh makalah yang baik dan benar, dan memiliki struktur/susunan makalah yang lengkap. Makalah ini memuat 22 halaman. Lumayan banyak juga ya dikarenakan disusun oleh pelajar tanah air Indonesia yang keren-keren.

Seperti kita mengetahui bahwa makalah adalah makanan pokok sehari-hari bagi para pelajar Indonesia. Adalah karya tulis ilmiah yang kerap digarap oleh peserta didik, menjadi berasal dari tingkat SMP, SMA, dan mahasiswa di perguruan tinggi nusantara.

Adapun makalah yang di share di blog kawan akrab geografi ini adalah makalah karya mahasiswa jurusan pgmi iain ponorogo semester 4 untuk mencukupi tugas mata kuliah materi dan pembelajaran pkn di mi/sd pada mengetahui 2019.

Para penulis yang sudah menyusun makalah bagus ini diantaranya adalah Destik Diyah Priyantini, Eko Saputro, Ria Ambaryuni, Riska Fitrianingrum, dan Tsamrotin Nafi’ah. Mereka adalah mahasiswa pada kelas 4c pgmi.

Makalah ini dijalankan secara kelompok dan sudah dipresentasikan di depan kelas, lantas didiskusikan bersama teman-teman sekelas. Proses diskusi pun berlangsung lancar dan memetik tanggapan positif berasal dari mahasiswa seangkatan. Sehingga mampu dikatakan bahwa makalah ini sesuai dijadikan rujukan oleh kawan akrab semua, yang hendak menyusun makalah sesuai bersama tema/topik yang dibahas dalam makalah ini.

Judul Makalah
Materi dan Pembelajaran Keragaman Sosial Budaya Masyarakat Indonesia dan Kebanggaan sebagai Bangsa Indonesia

Bab I Pendahuluan
A.Latar Belakang
Pengajaran PKn di sekolah diberikan sejak SD sampai bersama SMA, lebih-lebih di Perguruan Tinggi. Dalam kurikulum PKn dijelaskan bahwa PKn merupakan keliru satu mata pelajaran yang terlampau menarik dan menantang. PKn juga merupakan keliru satu mata pelajaran yang terlampau mutlak diajarkan kepada siswa.

Budaya selanjutnya memiliki jalinan yang erat bersama sistem ekonomi, politik dan hukum dan juga masa lantas bangsa Indonesia. Warga negara Indonesia haruslah berbahasa Indonesia bersama baik dan benar dan juga wajib memperoleh pendidikan agar mampu berpartisipasi dalam beraneka bidang kehidupan sosial, politik dan ekonomi. Partisipasi dalam kehidupan umum budaya merupakan keperluan dasar bagi tiap-tiap Individu Bangsa Indonesia.

Kita memiliki dasar negara Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 yang wajib dipelajari dan dijalankan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dan juga mengetahui lembaga-lembaga pemerintahan mengenai tugas dan wewenangnya yang amat mungkin terpeliharanya persatuan dan kesatuan bangsa yang didasari oleh saling pengertian, demokratis, dan bertanggung jawab.

Untuk mampu berpartisipasi bersama baik dalam masyarakat, studi mengenai keperluan kompetensi dasar tiap-tiap orang dalam masyarakat menunjukan perlunya dimiliki kompetensi dasar tersebut. Sebagaimana yang dilaporkan oleh Remy lewat Basic Citizenship Project (BCCP), mengidentifikasi tujuh keterampilan dasar yang wajib dimilki warga negara untuk mampu berfaedah secara efisien dalam keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa dan negara.

Ketujuh kompetensi dasar yang dimaksud adalah: acquiring and using information, assessing involvement (determining one’s interest and stake in an issue or problem), making decision (thoughtful decision making), making judgment (using societal values: justice, ethics etc, communicating (transmitting ideas to others), cooperating (working with others), promoting interest (compromising, protecting self and others).

Kutipan diatas tidak hanya menyebutkan mengapa kita wajib mengajarkan PKn, tapi juga menyebutkan apa yang harusnya jadi mengisi pengajaran PKn. Pada pembahasan ini secara umum kita bakal mengkaji materi keragaman sosial budaya masyarakat Indonesia dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia.

B.Rumusan Masalah
1.Bagaimana keragaman sosial budaya masyarakat Indonesia?
2.Bagaimana kebanggaan sebagai bangsa Indonesia?

C.Tujuan Penulisan
1.Untuk mengetahui dan mengetahui keragaman sosial budaya masyarakat Indonesia
2.Untuk mengetahui dan mengetahui kebanggaan sebagai bangsa Indonesia

Untuk dokumen makalah lengkap dalam format pdf mampu kawan akrab download pada link selanjutnya ini. Pastikan jika kawan akrab menginginkan mengutip sebagian kecil/besar mengisi yang terdapat dalam makalah ini untuk mencantumkan nama-nama penulis makalah sebagai bentuk apresiasi atas karya tulisnya. Terimakasih atas pengertiannya.

Baca Juga :