Pesan Penting Bagi Wisudawan Agar Sukses di Era Global

Pesan Penting Bagi Wisudawan Agar Sukses di Era Global

Pesan Penting Bagi Wisudawan Agar Sukses di Era Global
Pesan Penting Bagi Wisudawan Agar Sukses di Era Global

Lulusan sarjana harus mampu bersaing di era globalisasi dan siap masuk dunia kerja.

Sebab kualitas sumber daya manusia menjadi bagian dari kekuatan bangsa. Hal itu ditegaskan Rektor Universitas Indonesia (UI) Muhammad Anis saat memimpin Upacara Wisuda Program Pendidikan Diploma/Vokasi, Sarjana hingga Doktoral semester genap tahun akademik 2016/2017 di Balairung UI.

“Di dalam menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi, UI mengkonsolidasikan semua potensi yang dimiliki guna bertransformasi menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH) yang mandiri dan unggul menuju unggulan di Asia Tenggara,” kata Anis dalam keterangan tertulis, Jumat (25/8).

Anis menjelaskan sejumlah upaya yang tengah dilakukan di antaranya pembangunan sarana

dan prasarana, peningkatan budaya riset dan inovasi, peningkatan kapasitas SDM universitas dan perluasan kemitraan di tingkat internasional. Anis berpesan agar lulusan mampu berkiprah di masyarakat sesuai bidang keilmuan masing-masing.

“Kalian merupakan panji-panji UI yang akan terus berkibar. Kembangkan ilmu pengetahuan serta menciptakan ragam inovasi sebagai bekal bangsa Indonesia untuk mandiri dan berdaya saing di era globalisasi. Teruslah bekarya nyata dan inovatif di bawah pengayoman Veritas, Probitas, Justitia yakni Kejujuran, Kebenaran, Keadilan,” ungkapnya.

Sebanyak 8.481 orang lulusan sekaligus menyambut mahasiswa baru tahun akademik 2017/2018 pada di Balairung UI Kampus Depok. Pada kelulusan kali ini, sebanyak 2.012 orang yang berhasil lulus dengan predikat cumlaude. Pada upacara wisuda program Sarjana Reguler dan Sarjana Kelas Internasional, UI melepas 2.967 lulusan Sarjana yang terdiri atas 2.762 lulusan Program Sarjana Reguler dan 205 wisudawan Sarjana Kelas Internasional.

Pada program Sarjana Reguler, sebanyak 794 wisudawan berhasil mendapatkan predikat cumlaude

dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi diraih oleh Valdi Rachman dari Program Studi Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer dengan IPK sempurna yaitu 4,00.
Sementara itu, pada Program Sarjana Kelas Internasional, sebanyak 29 wisudawan meraih predikat cumlaude dengan IPK tertinggi yaitu 3,92 yang diraih oleh Muhammad Levy Aninditio yang merupakan lulusan dari Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik. Sedangkan lulusan termuda berpredikat Cumlaude pada Upacara Wisuda kali ini diraih oleh England Rhys Can mahasiswa S1 Kelas Internasional Jurusan Ilmu Ekonomi pada usia 19 tahun.

 

Sumber :

http://www.pearltrees.com/danuaji88/item261349768