Mahasiswa Jangan Biarkan Radikalisme Masuk Kampus

Mahasiswa Jangan Biarkan Radikalisme Masuk Kampus

Mahasiswa Jangan Biarkan Radikalisme Masuk Kampus
Mahasiswa Jangan Biarkan Radikalisme Masuk Kampus

Mahasiswa jangan biarkan paham radikal masuk kampus

. Apalagi data dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyatakan ada tujuh perguruan tinggi negeri (PTN) terpapar paham radikalisme.

“Mahasiswa jangan membiarkan kalau menemukan adanya indikasi radikalisme di kampusnya. Mereka harus bertindak,” kata juru bicara PSI Dara A. Kesuma Nasution dalam keterangan persnya, Rabu (6/6).

Menurut Dara, mahasiswa adalah pihak yang bisa melihat langsung seandainya ada rekan-rekannya mulai terpapar paham radikal. Nah, bagi mahasiswa yang mengetahui itu seharusnya langsung mengajak rekannya untuk kembali pahama yang benar. “Sebaiknya berusaha mendekati dan mengajak bicara temannya tersebut,” kata.

“Kalau seorang mahasiswa sudah mulai terlihat ada mahasiswa lainnya

terpapar radikalisme, sebaiknya berusaha mendekati dan mengajak temannya tersebut bicara dari hati ke hati. Bukan dijauhi atau dimusuhi,” kata Dara.

Politikus PSI asal Sumatera Utara (Sumut) itu khawatir pengaruh radikalisme semakin meluas. Buktinya Densus 88 Antiteror baru-baru ini meringkus terduga teroris di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) Universitas Riau (Unri). Hal itu membuktikan penyebar paham radikal itu bekerja lebih cepat.

Dia mensinyalir para penyebar paham radikal itu sengaja menyasar

berbagai perguruan tinggi untuk memperkuat pemikirannya. Sebab perguruan tinggi akan melahirkan orang-orang yang nantinya duduk di posisi pengambilan keputusan.

Agar paham tersebut tidak meluas, dia mendukung sikap pimpinan perguruan tinggi yang berusaha mengawasi gerakan radikalisme di kampusnya. Untuk itu program penanganan radikalisme di kampus perlu melibatkan berbagai organisasi kemahasiswaan seperti Badan Eksekutif Mahasisa (BEM), Himpunan Mahasiswa, Komunitas Mahasiswa dan organisasi-organisasi keagamaan mahasiswa.

 

Sumber :

https://rushor.com/materi-simantik-dan-etimologi/