DKI Jakarta Siap Jadi Pelopor Revitalisasi SMK

DKI Jakarta Siap Jadi Pelopor Revitalisasi SMK

DKI Jakarta Siap Jadi Pelopor Revitalisasi SMK

DKI Jakarta Siap Jadi Pelopor Revitalisasi SMK

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy

bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan pencanangan Implementasi Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk Provinsi DKI Jakarta. Pencanangan tersebut dilaksanakan di SMK Negeri 26 Jakarta, Sabtu (30/6/2018).

Dalam sambutannya, Mendikbud mengatakan bahwa DKI Jakarta menjadi wilayah ideal untuk proyek percontohan dalam menjalankan program Revitalisasi SMK.

“Karena mungkin jumlah usaha dan industri lebih banyak dibandingkan dengan jumlah SMK-nya dan tidak banyak provinsi yang seperti ini. Sebagian besar (provinsi) banyak SMK-nya, tapi tidak banyak usaha dan industrinya,” tutur Mendikbud.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

mengatakan bahwa ia akan meningkatkan kapasitas SMK secara drastis dengan melaksanakan program dual track. Di mana dalam program ini satu ruang bisa digunakan oleh dua kelompok belajar secara bergantian.

“Satu minggu berada di sekolah dan satu minggu berada di tempat kerja, maka pada saat itu kapasitas SMK naik menjadi dua kali lipat. Kenapa dua kali lipat ruang yang sama dipakai tiap minggu oleh siswa-siswi, tanpa membangun gedung baru.” jelas Anies.

Menteri Muhadjir menambahkan bahwa nantinya sekolah akan memproduksi lulusan SMK yang sesuai dengan kebutuhan pasarnya. “Telah ditetapkan bahwa 60% kerja praktik siswa-siswi berasal dari dunia industri dan 40% ada di sekolah teaching factory,” katanya.

Sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang revitalisasi Sekolah

Menengah Kejuruan (SMK) dalam rangka peningkatan kualitas dan daya saing manusia di Indonesia. Dinas Pendidikan DKI Jakarta telah berupaya melakukan beberapa program seperti, melakukan penataan dan relevansi kompetensi, perluasan akses pendidikan dengan meningkatan rasio kapasitas daya tampung, sertifikasi kompentensi, fasilitas terbentuknya Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPKBLUD), double track, dan model block release untuk menjalankan revitalisasi tersebut.

 

Sumber :

https://riviste.unimi.it/index.php/test03/comment/view/10097/73956/101125