10 Manfaat Pisang untuk Kulit Anda

10 Manfaat Pisang untuk Kulit Anda

10 Manfaat Pisang untuk Kulit Anda

Berikut manfaat buah pisang untuk kesehatan kulit.

    1. Pelembab Alami

    1. Buah pisang dapat dijadikan sebagai pelembab alami untuk kulit Anda. Hal ini karena buah pisang mengandung vitamin A yang dapat mengembalikan kelembaban yang hilang serta memperbaiki kulit rusak, kulit kusam, dan kering. Caranya, hancurkan pisang yang sudah matang dan terapkan pada wajah. Hindari kontak dengan mata dan biarkan kulit Anda selama 20-25 menit, lalu cuci dengan air hangat. Apabila ingin membuat kulit menjadi lebih lembut dan lentur, Tambahkan madu pada pisang tersebut. Hal ini dapat membantu dalam menghilangkan pigmentasi kulit.

 

    1. Anda juga dapat membuat masker wajah yang lain yang dapat melembabkan kulit. Caranya, hancurkan pisang yang setengah matang dan campurkan dengan dengan 1 sdm yogurt dan 1 sdt minyak vitamin E. Oleskan pada wajah yang sudah bersih dan cuci apabila sudah 30 menit.

 

    1. Mengobati Kutil Dan Psoriasis

    1. Kulit pisang juga membantu untuk mengobati kutil dan psoriasis. Gosokkan kulit pisang pada daerah yang terdapat kutil dan psoriasis, lakukan selama 10-12 menit dua kali setiap hari.

 

    1. Mengatasi Keriput

    1. Kulit pisang juga dapat digunakan untuk mengatasi keriput. Oleskan kulit pisang pada daerah yang berkeriput selama 15 menit setiap hari.

 

    1. Mencerahkan Kulit

    1. Buah pisang memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi yang dapat membantu dalam menjaga kesehatan kulit. Berikut 2 cara membuat masker dari buah pisang yang dapat mencerahkan kulit.

      • Hancurkan setengah pisang matang dan campurkan dengan 1 sdm cendana bubuk / pasta dan ½ sdt madu. Oleskan ke kulit dan biarkan selama 20-25 menit, lalu cuci dengan air hangat. Masker tersebut dapat bermanfaat untuk membersihkan sebum berlebih dan minyak, sehingga cocok untuk kulit berminyak.
      • Hancurkan satu buah pisang matang dan campurkan dengan jus lemon dari 1 buah lemon (sekitar 2-3 sdm). Biarkan selama 25 menit. Masker tersebut banyak mengandung vitamin C yang dapat mengurangi bintik-bintik dan noda.

 

    1. Mengatasi Jerawat

    1. Kulit pisang juga dapat bermanfaat untuk mengatasi jerawat. Potong-potong kecil kulit pisang dan gosokkan pada bagian kulit yang terdapat jerawat. Gosok selama sekitar 5 menit. Bersihkan kulit sekitar dengan air hangat tapi biarkan kulit yang terdapat jerawat tadi jangan dibersihkan dengan air terlebih dahulu. Ulangi setidaknya 3 kali sehari.

 

    1. Mengobati Kulit Gatal

    1. Apabila kulit Anda gatal-gatal dan bengkak, hanya dengan menggosokkan kulit pisang pada daerah kulit yang gatal-gatal tersebut dapat meredakan pembengkakan dan gatal-gatal.

 

    1. Lulur (scrub) Badan
    1. Pisang memiliki banyak kandungan antioksidan. Buah pisang apabila dicampur dengan beberapa bahan, tidak hanya dapat membantu untuk menghilangkan kulit mati tetapi juga dapat meremajakan kulit. Berikut adalah beberapa scrub dari buah pisang berdasarkan bahan-bahan yang dicampurkan.

      • Ambil pisang yang sudah dihancurkan dan 1 sdm gula, lalu campur kedua bahan tersebut. Oleskan pada kulit Anda dan gosokkan dengan gerakan memutar. Buah pisang dapat melembabkan kulit kering sementara butiran gula dapat menyingkirkan kulit mati.
      • Hancurkan pisang yang sudah matang dan tambahkan dengan 2-3 sendok makan gandum, 1 sendok makan susu, dan 1 sendok makan madu. Oleskan pada wajah dan biarkan 5 menit. Cuci dengan air dingin. Jika Anda memiliki kulit kering, Anda dapat mengganti susu dengan krim segar.
      • Hancurkan 2 buah pisang dan 4-5 stroberi dengan menggunakan blender. Campurkan dengan 3 sendok makan gula dan oleskan ke kulit Anda pada saat mandi.

 

    1. Anti-penuaan
    1. Buah pisang mengandung nutrisi yang dapat membantu dalam mencegah keriput dan membuat kulit menjadi awet muda. Menggunakan masker dari buah pisang banyak mengandung vitamin A dan E. Caranya, hancurkan buah pisang bersama dengan alpukat. Oleskan ke kulit dan biarkan selama 25 menit, lalu bilas. Dengan menggunakan campurkan dari kedua buah tersebut dapat membuat kulit menjadi lembut dan awet muda. Vitamin E yang terkandung dalam alpukat yang dikombinasikan dengan nutrisi dalam pisang dapat melawan radikal bebas dan memperbaiki kerusakan.

 

    1. Anda juga dapat membuat masker wajah anti-penuaan yang lain yaitu degnan menghancurkan 1/4 pisang sampai sangat kental dan tambahkan dengan satu sendok teh air mawar. Oleskan pada wajah dan leher, tunggu 30 menit dan cuci.

 

    1. Merawat Kulit Kaki
    1. Menggunakan pelembab yang berbahan dari buah pisang dapat mengatasi tumit pecah-pecah. Hancurkan 2 buah pisang, lalu oleskan ke tumit yang pecah-pecah. Biarkan selama 10 menit dan bilas sampai bersih. Buah pisang yang sudah dihancurkan dapat menembus tumit yang pecah-pecah dan membuat kulit kaki menjadi lebih lembut dan lentur.

 

    1. Menghilangkan Kantung Mata
    Hancurkan setengah pisang dan oleskan ke daerah sekitar mata. Biarkan selama 15-20 menit dan kemudian dibilas dengan air dingin. Kantung mata dapat hilang, hal ini karena buah pisang kaya akan kalium yang dapat menghilangkan kantung mata.

Baca Artikel Lainnya: