Facebook Haram, Lahirkan Beberapa Pendapat

Facebook Haram, Lahirkan Beberapa Pendapat

Facebook Haram, Lahirkan Beberapa Pendapat
Facebook Haram, Lahirkan Beberapa Pendapat

Facebook Haram, demikian hasil Musyawarah forum santri se-jawa timur.

Diharamkannya facebook ternyata menimbulkan kontroversi diberbagai kalangan. Sama seperti fatwa Haram Merokok yang dikeluarkan oleh MUI, Hasil musyawarah lebih tepatnya hasil bahtsul masa’il forum santri putri yang didukung oleh MUI jawa timur
tersebut juga menimbulkan Pro-Kontra.

Terlepas dari pro-kontra Facebook Haram, berikut beberapa pendapat dari para sahabat blogger yang telah memberi komentar terhadap Artikel forum santri haramkan facebook, terlalu berlebihan :

 

Novi Berpendapat :

facebook barusan booming. rasanya terburu-buru bagi mereka (baca: yang mengharamkan facebook) untuk mengharamkan fesbuk. sesuatu hal yang tiba-tiba dilarang itu sama saja dengan menangguhkan kegembiraan orang lain. dan menangguhkan kegembiraan adalah dosa,

kegembiraan yang saya maksud adalah

ketika pengguna Fesbook merasakan syukurnya bisa berjumpa kembali dengan teman2 yang telah lama hilang, mengikuti uneg2 teman2nya lain, dsb..
Lebih baik forum santri itu membuau group tersendiri dalam Facebuk dan menyirami dengan hal2 kebaikan, dsb.

Nafisa Berpendapat : wahane ga setuju kalo facebook haram, ane juga pengguna facebook. karena facebook ane jadi ketemu and bisa berhubungan ma para alumni pondok ane. gini – gini ane juga santri lo.

Rudy Berpendapat : Aku tau tuh penyebabnya kenapa para santri itu mengharamkan facebook dan friendster. Soalnya teman mereka di facebook gag nambah-nambah.

 

AgusNaim Berpendapat :

yang jelas, selama saya nyantri dulu ga ada yang namanya ngenet. jangankan ngenet, nonton tivi aja nyolong-nyolong. hanya nonton bola aja yang diperbolehkan. so… jangan salahkan saya kalo akirnya saya berpendapat “facebook haram”, karena ga dibagi-bagi sama santri pondok, coba kita di ponpes dikasih kesempatan ngenet, pasti makin pinter dan tau dengan baik apa itu pesbuk” ­čśÇ secara (sakjane secara iku boso endi toh?) pengguna pesbukyang naruh poto2 ga jelas tidak lebih dari 1% dari seluruh pengguna pesbuk ­čśÇ

Munawar AM Berpendapat : Siapa bisa membendung fenomena Facebook? Belum ada; KECUALI HATI NURANI, NALAR DAN KEKUATAN IMAN KITA.

Yoga Geraldo Berpendapat : facebook mw di haramkan ???? Kalo sanggup, nutup aja website nya ???? bukan apa sih..
ada di beberapa forum aku baca.. katanya gara2 salah satu santri ada yang dikirimi gambar porno di friendster… gara2 itu doang ?????? trus kata nya juga harus menggunakan facebook untuk ibadah ( dalam hal ini dikatakan secara islam..) emang nya pengguna facebook cuma muslim? (maaf bukan berniat SARA..), silahkan baca Dibalik Rencana Fatwa Haramnya Facebook. selain itu kalo di pikir2 aneh juga… emang santri di perbolehkan ngenet? masa sampe punya account di friendster? atau jangan2 ini kecemburuan karena gak di perbolehkan?. sampai2 mau mengharamkan facebook. Maaf kalo berpendapat agak keras… tp inget.. kita indonesia negara pancasila.. agama yg dipercaya ada banyak.. kita bukan negara islam.. jangan dikit” dipergunakan hukum islam.. klo semua hukum agama di pakai.. apa guna nya lagi hukum pidana dan perdata?
jangan gara2 1 pihak dan 1 kejadian yg gak penting..
lalu mengambil keputusan yg picik… Iku wae wise lah..

Saya berpendapat: ya fesbuk diharmkan emang berlebihan sih, tp emang penggunanya sih kadang2 ga pnya etika dan kurang dijaga perilakunya. Ya menurut saya sih diharamkan bagi pengguna yang mempunyai niat buruk dalam penggunaan jejaring sosial ini. Bagi yang mempunyai niat baik mah, sok atuh gunaken semaunya.

Baca Juga :