Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli Dan Referensinya

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli Dan Referensinya – Setiap orang umumnya memiliki pengalaman pendidikan, tetapi tidak semua orang mengerti arti kata pendidikan. Pemahaman tentang pendidikan adalah penting ketika kita tidak dapat menyangkal bahwa dengan perkembangan waktu di dunia pendidikan, yang terus berubah secara signifikan, sehingga banyak yang mengubah pemikiran guru, dari pola pikir yang pasti sulit untuk menjadi lebih modern.

Ini sangat mempengaruhi perkembangan pendidikan di Indonesia. Sederhananya, seiring dengan perkembangan pendidikan, terkadang konsep atau pemahaman bisa kabur.

Pemahaman Pendidikan Secara Umum

Pendidikan dapat diartikan sebagai metode pengembangan keterampilan, kebiasaan dan sikap yang diharapkan dapat meningkatkan seseorang.

Pendidikan Menurut Para Ahli

Pendidikan Menurut Para Ahli

  1. SOCRATES. Pendidikan adalah sarana mencari kebenaran. Sedangkan metodenya adalah dialektika.
  2. Menurut UU Undang-Undang No. SISDIKNAS 2 tahun 1989: “Pendidikan” adalah upaya sadar untuk mempersiapkan siswa melalui kepemimpinan, pengajaran, dan persiapan untuk peran masa depan mereka.
    Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional no. 20 tahun 2003: Pendidikan adalah upaya sadar dan terencana untuk menciptakan suasana pembelajaran dan proses pembelajaran, sehingga siswa secara aktif mengembangkan potensi mereka untuk memiliki kekuatan spiritual, pengendalian diri, individualitas, kecerdasan, karakter mulia dan keterampilan yang mereka butuhkan dan masyarakat,
  3. Menurut kamus bahasa Indonesia Pendidikan adalah proses mengubah sikap dan perilaku seseorang atau sekelompok orang dengan tujuan menumbuhkan orang melalui pendidikan dan pelatihan; proses pendidikan, metode dan produksi.
  4. Menurut etimologi (bahasa) pendidikan dalam Islam: Dalam bahasa Arab, pendidikan: berasal dari kata Tarbiyah, dengan kata kerja Rabba, yang berarti belajar atau pendidikan. Dengan demikian, pendidikan dalam Islam adalah bimbingan guru dalam pengembangan fisik, spiritual, dan intelektual siswa sehingga seorang Muslim yang baik dapat terbentuk. Dalam bahasa Yunani: pendidikan berasal dari kata Pedagogi, yang dari kata “dibayar” berarti “anak”, dan “agogos” berarti kepemimpinan. Itulah sebabnya istilah pedagogi dapat diartikan sebagai “seni dan ilmu mengajar anak-anak (seni dan ilmu mengajar anak-anak).
  5. Menurut psikologi Pendidikan mencakup semua kegiatan yang membuat hidup lebih mudah bagi masyarakat.
  6. Menurut John Stuart Mill (filsuf Inggris, 1806–1873 M), “Pendidikan” mencakup segala sesuatu yang dilakukan oleh seseorang untuk dirinya sendiri atau orang lain untuknya, untuk membawanya lebih dekat ke tingkat kesempurnaan.
  7. Menurut H. Horn, ini adalah proses adaptasi yang lebih tinggi (abadi) bagi manusia, yang telah berkembang secara fisik dan mental, ini bebas dan sadar akan vtuhan, yang dimanifestasikan dalam sifat intelektual, emosional, dan manusiawi manusia.
  8. Menurut John Dewey, berpendapat bahwa pendidikan adalah proses memperbarui makna pengalaman, dapat terjadi dalam pergaulan normal atau pergaulan orang dewasa dengan kaum muda, itu juga dapat terjadi dengan sengaja dan dilembagakan untuk memastikan keberlanjutan sosial. Proses ini mencakup kontrol dan pengembangan seseorang yang belum matang, dan kelompok di mana ia tinggal.
  9. Menurut Edgar Dalle, pendidikan adalah upaya sadar oleh keluarga, masyarakat dan pemerintah melalui kepemimpinan, pengajaran dan pembelajaran, yang dilakukan di sekolah dan di luar sepanjang kehidupan, untuk mempersiapkan siswa untuk berpartisipasi dalam lingkungan yang berbeda selamanya untuk masa depan .
  10. Menurut Plato: pendidikan adalah sesuatu yang dapat membantu orang tumbuh keluar dari tubuh dan pikiran dengan sesuatu yang dapat berkontribusi pada pencapaian kesempurnaan. Menurut Plato, pendidikan direncanakan dan diprogram dalam tiga tahap dengan tingkat usia, tahap pertama adalah pendidikan yang diberikan kepada siswa hingga dua puluh tahun; dan tahap kedua, dari dua puluh hingga tiga puluh tahun; sedangkan tahap ketiga, dari tiga puluh hingga empat puluh tahun.
  11. Menurut Rocky Gerung: pendidikan adalah perang dengan ketidaktahuan.

Fungsi pendidikan adalah serangkaian tugas atau misi yang harus dilakukan oleh guru. Ini diskusi yang bisa dibagikan kali ini, semoga bermanfaat.

Baca Juga :