Menristekdikti Siapkan Pendidikan Perkeretaapian

Menristekdikti Siapkan Pendidikan Perkeretaapian

Menristekdikti Siapkan Pendidikan Perkeretaapian

Menristekdikti Siapkan Pendidikan Perkeretaapian

BANDUNG-Untuk meningkatkan SDM bidang perkeretaapian,

Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) mempersiapkan sejumlah politeknik negeri membuka program studi (prodi) bidang perkeretaapian pada 2017.

Direktur Pembelajaran Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti Paristiyanti Nurwardani mengatakan saat ini sedang digodok untuk mendorong program studi perkeretaapian di beberapa politeknik.

“Ditargetkan pada 2017 ada dua Politeknik Negeri yang membuka prodi

perkeretaapian,” katanya di Bandung, Rabu (2/11).

Pembukaan prodi bidang perkeretaapian itu, kata dia merupakan sebuah terobosan untuk memperkuat dan mematangkan kesiapan SDM bidang perkeretaapian di Indonesia.

“Saat ini SDM perkeretaapian belum ada program khususnya, dan Politeknik merupakan lembaga yang tepat sehingga nantinya penyiapan SDM perkeretaapian akan terintegrasi dan sinergi,” katanya.

Kemenristek Dikti telah menandatangani kerja sama dengan Tiongkok

terkait pengembangan program perkeretaapian itu. Pihaknya akan memfasilitasi mahasiswa Indonesia melakukan pertukaran pelajar dengan Tiongkok baik itu untuk program magister maupun doktoral.

“Kami akan sinergi dengan perusahaan perkeretaapian dan juga perhubungan, dan kurikulumnya juga tengah dibahas bekerja sama dengan Tiongkok. Dipilih Tiongkok karena negara itu telah berhasil mengembangkan transportasi kereta api,” katanya. jo

 

Sumber :

https://www.evernote.com/shard/s355/sh/a8f0cc59-0cb0-451a-a722-f9ebb0ac1139/a89fd663a555c4c3200f383eb3c20824