Cara mengendarai mobil manual dengan aman

Dalam mengendarai mobil, posisikan diri Anda dalam posisi datar, lalu pasang sabuk pengaman agar perjalanan Anda lebih aman. Ketika posisi mobil berada di bidang datar, akan lebih mudah untuk mengendarai mobil, apalagi keberadaan sabuk pengaman tidak hanya memungkinkan untuk meningkatkan rasa aman selama perjalanan.

Cara mengendarai mobil manual dengan aman

1. Masukkan mobil dalam keadaan datar

Namun, saat menggunakan sabuk pengaman dan membuka jendela samping mobil, Anda akan mendengar suara mesin yang lebih ringan, sehingga dimungkinkan untuk memperkirakan kapan saatnya untuk mulai memasukkan gigi.

2. Sesuaikan posisi kursi yang nyaman


Ketika Anda ingin mulai mengendarai mobil, tempat duduk harus diatur terlebih dahulu agar perjalanannya nyaman dan menyenangkan. Kemudian jok akan memengaruhi kaki saat mengatur rem, kopling dan gas. Saat menerapkan pedal di posisi kaki kanan, kiri dan tengah, pastikan Anda bisa menginjaknya sepenuhnya sehingga perjalanan aman.

3. Ketahui semua pedal mobil

Mengenali cara dan fungsi setiap pedal yang ada di mobil harus dilakukan oleh pengemudi. Pedal di kaki kiri atau kiri adalah pedal kopling, sedangkan pedal di tengah berperan sebagai rem dan pedal di kanan adalah pedal gas. Ketika Anda mengetahui fungsi dan lokasi masing-masing pedal, mengendarai mobil manual akan sangat sederhana.

4. Tuan

Gambar hanya ilustrasi

Kopling mobil digunakan untuk menentukan putaran roda dan kecepatan mesin yang saling berhubungan, serta kopling juga digunakan untuk mengganti gigi dan menambah atau mengurangi gigi tanpa merusak roda gigi masing-masing gigi. Perhatikan bahwa saat mengurangi atau menambah gigi, perlu menekan pedal kopling. Jadi hal utama yang terkandung dalam mobil manual adalah putaran mesin mobil, transmisi, kopling dan roda mobil.

Sekalipun mobil tidak beroperasi, mesin mobil itu sebenarnya diputar, tetapi karena putarannya ia tidak dapat terhubung dengan roda sehingga roda itu tidak bisa bergerak. Karena itu, untuk menghubungkan roda ke putaran mesin, ia harus dilewati oleh rangkaian kopling yang ada di dalam mobil. Ketika gearbox terhubung ke posisi 1,2,3,4,5 dan R, mesin dapat berputar, kopling dan roda juga akan terhubung, memastikan bahwa kopling tidak ditekan. Sementara putaran mesin, kopling dan roda tidak terhubung karena posisinya di posisi normal (N).

5. Operasikan pedal dengan baik

Operasi pedal harus dilakukan dengan konsentrasi maksimum, terutama mengingat jarak osilasi pedal, jarak pedal rem dan pedal gas. Saat mengendarai mobil manual, pastikan membiasakan melepas pedal kopling perlahan dan teratur.

6. Tuas transmisi dalam posisi netral (N)

Sebelum mesin menyala, pastikan tuas berada di posisi Netral (N). Tuas transmisi berfungsi untuk menambah atau mengurangi, ketika Anda ingin menambah roda gigi, cobalah untuk menginjak pedal. Jika Anda ingin memindahkan tuas shift, Anda harus melakukannya dengan hati-hati.

7. Nyalakan mesin mobil

Cara menghidupkan mesin dengan starter pada kunci mobil, pastikan Anda juga memasukkan pedal kopling. Saat mesin menyala, lepaskan pedal kopling. Sementara tuas persneling masih dalam posisi Netral (N).

8. Tekan kopling sepenuhnya

Cara terbaik untuk mengingat jarak dari osilasi pedal kopling, dari rem dan dari gas adalah dengan menginjak kopling sepenuhnya dan tetap diam. Kemudian lepaskan pedal kopling secara perlahan dan teratur sehingga mesin berbunyi saat mulai jatuh. Setelah itu Anda bisa melakukan ini dengan berulang kali menekan pedal kopling untuk membuatnya lebih mudah mengenali suara mesin mobil.

9. Jalankan mobil dengan hati-hati

Saat Anda ingin mulai mengendarai mobil, pelan-pelan angkat kaki Anda ke posisi pertunangan hingga mesin turun, lalu lewati pedal akselerator dengan hati-hati. Posisi mesin sudah beroperasi, langkah selanjutnya hanya perlu menyeimbangkan gas dengan kopling.

Cara menyeimbangkannya dengan berlatih berkali-kali sehingga tekanan saat Anda menginjak gas dan melepas kopling bisa dilakukan dengan baik. Sekarang Anda harus lebih berkonsentrasi dan waspada terhadap rem tangan ketika Anda harus berhenti dalam keadaan yang tidak terduga atau tiba-tiba. Biasanya ketika orang menghentikan mobil mereka akan melepaskan pedal kopling dengan sangat cepat, tetapi apa yang sebenarnya ada mesinnya

Sumber : rental mobil lampung