Wilayah Agihan Alami Tumbuhan

Wilayah Agihan Alami Tumbuhan

Wilayah Agihan Alami Tumbuhan
Wilayah Agihan Alami Tumbuhan

Pembagian Wilayah Agihan Alami

Wilayah Agihan Inerkontinental yang Kontinu

Di antara sebab yang paling sering menimbulkan gangguan (interupsi) adalah tidak adanya habitat yang sesuai, yang habitat-habitat itu memang jauh terpisah atau terpencar jarang-jarang. Dalam keadaan demikian, adalah masalah proporsi dan konsekuensinya pendapat, apakah suatu wilayah agihan harus dipandang bersifat kontinu atau sebaliknya.

Demikianlah, bila arenaria peploides dijumpai di hampir semua pantai daerah iklim sedang dan sekitar Kutub Utara, yang agihannya dalam arti luas dapat dipandang sebagai jelas bersifat kontinu, biasanya tidak terdapat di daerah pedalaman dan sesuai dengan itu dalam flora daerah-daerah secara individual jenis tumbuhan itu tidak terdapat atau sesungguhanya mempunyai agihan yang terputus-putus (diskontinu, disjunct). Sekali lagi, suatu wilayah agihan yang bersifat kontinu mungkin mempunyai perpanjangan seperti pita yang menjorok di luar batas-batas utamanya dan bahkan tidak ada kontinuitas dalam perpanjangan itu, khususnya bila perpanjangan itu hanya sempit, seperti misalnya sepanjang lembah-lembah sungai yang terputus-putus oleh jurang-jurang yang sempit.

Tumbuhan dengan wilayah agihan interkontinental yang kontinu, dapat kita bedakan dalam

Empat tipe utama:

yang kosmopolitan, sirkumpolar, sirkumboreal (atau sebagai alternatifnya sirkum austral), dan yang pantropik.

Jenis-jenis Kosmopolitan – Jenis-jenis

tumbuhan yang kosmopolitan teragih di seluruh dunia. Tumbuh-tumbuhan itu sekurang-kurangnya harus terdapat di keenam benua yang dihuni secara luas. Sesungguhnya, diluar gulma pada pembudidaya tanaman yang mengikuti manusia, yang dapat disebut sebagai kosmopolit atau semi kosmopolit kiranya hanya terbatas pada tumbuhan spora (Cryptogamae) saja. Jenis vegetasi kosmopolitan yang disebabkan oleh curah hujan yang sangat tinggi. Wilayah ini didominasi oleh hutan hujan tropis yang lebat dengan spesies tumbuhan yang khas seperti kayu meranti yang keras seperti pohon deptirokarpus dan berbagai macam anggrek.

 

Jenis-jenis sirkumpolar

enis-jenis tumbuhan ini teragih disekitar Kutub Utara dan Kutub Selatan.

Jenis-jenissirkumboreal (atau sirkumaustral)

jenis-jenis tumbuhan ini teragih disekitar ujung-ujung atas atau bawah (kutub) bumi dalam mintakat boreal (atau austral). Contoh-contoh golongan tumbuhan yang mempunyai agihan seperti itu ditunjukkan sirkumboreal adalah marga Ribes, dan yang sirkumaustral adalah jenis selatan Danthonium.

Jenis-jenis pantropik – teragih diseluruh daerah tropika dan subtropika

atau setidak-tidaknya terpencar luas diwilayah tropika di Asia, Afrika, dan Amerika. Contoh yang bagus adalah suku Palmae.

Sumber : https://www.dosenpendidikan.com/