Aplikasi NELPIN Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan

Aplikasi NELPIN Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan

Aplikasi NELPIN Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan
Aplikasi NELPIN Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan

BANDUNG-PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berkomitmen

kuat untuk mendukung pemerintah dalam menyiapkan masyarakat Indonesia memasuki era digital. Salah satunya adalah menyiapkan masyarakat nelayan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk mendorong produktivitas dan meningkatkan hasil tangkapan ikan.

Bekerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia serta Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, kembali XL Axiata merealisasikan program “Nelayan Go Online” kepada para nelayan di berbagai daerah.

Dirjen Sumber Daya & Perangkat Pos & Informatika Kominfo, Ismail mengatakan Program Nelayan Go Online dengan aplikasi Nelayan Pintar (NELPIN) ini memang searah dengan visi Kementerian Kominfo yang terus mendorong perluasan jaringan infrastruktur Data hingga ke pelosok daerah, termasuk juga mendorong pemanfaatan keunggulan teknologi digital guna meningkatkan produktivitas masyarakat.

“Kami mengapresiasi langkah XL Axiata yang mengambil bagian

dalam program peningkatan produktivitas masyarakat nelayan dengan memanfaatkan sarana berteknologi digital aplikasi NELPIN ini,”kata Ismail dalam keterangan resminya di Bandung, Rabu (13/12/2017)

Adapun, Vice President West Region, Francky Rinaldo Pakpahan mengatakan Aplikasi NELPIN memiliki sejumlah fitur yang akan sangat mendukung aktivitas nelayan, baik saat bekerja melaut, maupun guna mengetahui kondisi pasar ikan.

Fitur tersebut antara lain menyediakan informasi arah dan kecepatan angin, tinggi gelombang, posisi/koordinat nelayan (GPS), juga lokasi berkumpulnya ikan. Selain itu juga tersedia informasi terkait harga ikan terupdate, juga permintaan atas jenis-jenis ikan.

“Aplikasi NELPIN dirancang oleh Kementerian KKP dan ditargetkan untuk bisa dimanfaatkan bagi para nelayan di seluruh tanah air,”ujar Francky

Dalam beberapa bulan terakhir, XL Axiata telah menyalurkan perangkat penunjang untuk program Nelayan Go Online berupa smartphone yang dilengkapi dengan aplikasi Nelayan Pintar (NELPIN) di sejumlah daerah. Penyaluran telah dilakukan antara lain di Makasssar, Medan, Banda Aceh, Lampung, dan Banyuwangi.

Sebelumnya, penyaluran program dilaksanakan di Gedung Serbaguna

Sabang Fair Kota Sabang, bersamaan dengan acara Jambore IPTEK – Sail Sabang 2017 yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, 3 Desember 2017 lalu.

Francky menambahkan dukungan XL Axiata terhadap program Nelayan Go Online ini juga juga merupakan implementasi atas komitmen untuk menyiapkan masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan dalam era digital. XL Axiata tidak sekedar membangun infrastruktur telekomunikasi dalam pemenuhan kewajiban seperti yang tercantum modern licensing.

“Selain itu, sebagai upaya membangun ekosistem agar kehadiran jaringan Data di setiap pelosok daerah memberikan manfaat bagi daerah dan masyarakat setempat untuk meningkatkan kualitas hidupnya, termasuk secara ekonomi, pendidikan, kesehatan dan bidang sosial lainnya,”pungkasnya (MAT)

 

Baca Juga :