Sejarah Komputer Generasi Kedua Lengkap

Komputer generasi kedua

Pada tahun 1948, penemuan transistor berdampak besar pada perkembangan komputer pada saat itu. Transistor menggantikan tabung vakum di televisi, radio, dan komputer. mengakibatkan perubahan dimensi mesin listrik yang awalnya memiliki ukuran besar dengan ukuran lebih kecil.

Transistor yang digunakan dalam teknologi komputer dimulai pada tahun 1956. Penemuan lain, dalam bentuk pengembangan memori berbasis magnet, membantu mengembangkan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih andal, dan hemat energi daripada pendahulu sebelumnya. Mobil pertama yang dapat memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer.

IBM menciptakan superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand menciptakan komputer yang disebut LARC. Komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, kapasitas untuk para peneliti atom. Komputer LARC sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputer bisnis, sehingga popularitas mereka terbatas.

Komputer Generasi Kedua

Hanya dua LARC yang pernah diinstal dan digunakan; di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di Pusat Penelitian dan Pengembangan Angkatan Laut AS di Washington D.C. Komputer generasi kedua ini menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan untuk mengganti kode biner.

Kemudian, pada awal 1960-an, komputer generasi kedua yang sukses dalam bisnis, universitas dan pemerintah mulai muncul. Komputer generasi kedua ini adalah komputer yang menggunakan transistor sepenuhnya. Mereka juga memiliki komponen yang dapat dikaitkan dengan komputer saat ini: printer, penyimpanan disket, memori, sistem operasi dan program.

Menjadi salah satu contoh utama komputer saat ini adalah IBM 1401, yang telah diterima secara luas di industri. Pada tahun 1965, hampir semua bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua sebagai alat untuk memproses informasi keuangan perusahaan.

Program yang disimpan di komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya menawarkan fleksibilitas komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja komputer dengan harga yang wajar untuk komputer bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak tagihan pembelian konsumen dan menjalankan model produk atau menghitung gaji.

Beberapa bahasa pemrograman mulai muncul pada waktu itu. Bahasa pemrograman Business Languages ​​biasa disingkat COBOL dan Formula Translator disingkat FORTRAN, telah mulai digunakan secara teratur. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan rumus matematika yang lebih mudah dipahami orang. Ini memungkinkan seseorang untuk memprogram komputer.

kemudian berbagai jenis karier baru muncul di bidang komputer, seperti programmer, analis, teknisi komputer, dan lainnya. Industri perangkat lunak juga telah mulai muncul dan berkembang menjadi komputer generasi kedua ini.

Sumber : https://www.videomax.co/